Demi Putuskan Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Dewan Kembali Meminta Kesadaran Masyarakat

Demi Putuskan Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Dewan Kembali Meminta Kesadaran Masyarakat
Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal (int)

Riauaktual.com -  Pemerintah Kota Pekanbaru sudah memberlakukan social distancing dan juga physical distancing. Hal ini diberlakukan sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Meski demikian, sejumlah masayarakat belum mengindahkan himbauan tersebut. Hal itu terlihat masih banyaknya aktivitas masyarakat yang berkumpul atau pun berkerumun, dan belum melakukan physical distancing. 

Melihat akan hal itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal kembali ingatkan masyarakat untuk menjalankan himbauan dari pemerintah tersebut.

"Bagi masyarakat Kota Pekanbaru, kita harap untuk mengindahkan himbauan dari pemerintah. Karena saya juga lihat, masih ada aktivitas berkerumun atau berkumpul," kata Nofrizal, Senin (30/03/2020).

Nofrizal juga ingatkan, untuk sementara waktu masyarakat untuk tidak melakukan kontak fisik. Sebab, kontak fisik menjadi salah satu media penyebaran wabah covid-19 tersebut.

"Bukan kita menghilangkan tradisi atau kebiasaan kita, tidak. Hanya saja, mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebarannya. Dan demi keselamatan bersama," tegas Politisi PAN itu.

Dirinya mencontohkan atas pasien positif covid-19 yang beberapa hari lalu mendapatkan perawatan khusus di Ruang Isolasi. Pasien tersebut merupakan kerabat dari pasien positif covid-19 yang pertama, yang dikabarkan terjangkit melalui kontak fisik.

Dirinya pun meminta kesadaran bagi masyarakat, jika merasa kelainan dalam kesehatan untuk segera memeriksakan ke tempat pelayanan kesehatan.

"Warga yang baru pulang dari kota yang dinilai endemi untuk memeriksa diri ke pelayanan kesehatan. Ya intinya kesadaran diri lah," pungkasnya. (Mal)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index