Status Covid-19 Naik Ketanggap Darurat, Ketua DPRD Pekanbaru Minta Pengalihan Anggaran

Status Covid-19 Naik Ketanggap Darurat, Ketua DPRD Pekanbaru Minta Pengalihan Anggaran
Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIp (berkemeja putih)

Riauaktual.com - Naiknya status Pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Pekanbaru dari siaga ke tanggap darurat, direspon Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani dengan meminta pemerintah setempat untuk mengalihkan anggaran 2020 yang tidak Urgent ke anggaran pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

"Kita meminta Pemko Pekanbaru untuk mengalihkan anggaran atau project yang belum terlalu Urgent dilaksanakan agar dialihkan ke program tanggap darurat Covid-19," ujar Hamdani, Rabu (25/03/2020).

Hamdani juga menuturkan pengalihan anggaran tersebut juga berdasarkan instruksi dari Pemerintah Pusat kepada daerah Kabupaten maupun Kota.

"Kita harap ini bisa di susun, dan segera di eksekusi," katanya.

Hal ini juga, masih kata Hamdani, mengingat anggaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga Dinas Kesehatan (Diskes) sangat terbatas.

Kendati demikian, Hamdani menegaskan dalam peralihan anggaran hal tersebut harus dibarengi dengan aturan yang sangat jelas.

Terkait dengan rencana pembahasan pengalihan anggaran, Politisi PKS ini menuturkan pihaknya akan berdiskusi dulu di DPRD sebelum melakukan pemanggilan kepada Wali Kota ataupun dinas terkait.

"Ini juga sambil menunggu arahan dari Pemerintah Pusat, apa saja bahannya dan juga anggaran yang bisa dikategorikan," pungkasnya. (DON)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index