Dua Ekor Anak Kucing Hutan Ditemukan di Pekanbaru

Dua Ekor Anak Kucing Hutan Ditemukan di Pekanbaru

Riauaktual.com - Dua anak Kucing Hutan (Felis bengalensis) ditemukan oleh warga Kota Pekanbaru pada Jumat 14 Februari 2020 lalu. Anakan kucing ini diperkirakan masih berumur 3 minggu. 

Hewan langka itu saat ini diamankan Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau dan masih dirawat di Klinik Satwa BBKSDA untuk observasi sebelum dianggap mampu dilepaskan ke alam liar.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, M Mahfud mengatakan, anakan kucing ini ditemukan oleh warga saat bekerja membersihkan lahan di Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. 

"Dilaporkan Kamis (13/2/2020) malam dan besoknya segera kita amankan," kata Mahfud, Selasa (18/2/2020).

Ia menyebut, dua anak kucing itu masih menyusu dan masih butuh perawatan di klinik. Mahfud menjelaskan, anakan Kucing Hutan ini kemungkinan memang ditinggalkan oleh induknya. 

"Karena sejak ditemukan dan dirawat, warga di sekitar tidak lagi melaporkan adanya indukan atau Kucing Hutan yang berlalu lalang di lokasi," jelasnya. 

"Kemungkinan memang ditinggalkan induknya. Biasanya hal itu bisa terjadi karena induk kawin lagi," tambahnya.

Kata dia, satwa ini pada dasarnya sama seperti Harimau yang memiliki home range atau wilayah jelajah. Maka, apabila induknya memang masih ada, kemungkinan akan melalui wilayah jelajah atau jalan yang sama.

"Tapi kita sampai hari ini belum mendapatkan laporan lagi dari warga tentang Kucing Hutan dewasa di sekitar lokasi tersebut," jelasnya. (Das)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index