100kpj.com

Bawa Air Mineral ke dalam Mobil Ternyata Bisa Picu Kebakaran

Senin, 17 Februari 2020 - 08:20:48 WIB Di Baca : 721 Kali


Riauaktual.com - Saat menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil, pengemudi dan penumpang di dalam pasti merasakan haus atau dahaga. Itulah mengapa, sebelum berangkat, mereka membawa air mineral dalam kemasan botol, supaya tidak perlu repot-repot keluar kendaraan untuk mendatangi warung pinggir jalan.

Kendati hal itu dianggap biasa, namun membawa air mineral di dalam mobil menyimpan satu bahaya yang belum diketahui banyak orang. Bahkan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) negara bagian Georgia, Amerika Serikat, telah mengeluarkan peringatan terkait hal tersebut.

mobil

 

Salah seorang petugas Damkar, David Richardson mengatakan, ketika suhu panas ekstrem, maka air dalam kemasan plastik dapat memanas dan memicu munculnya api.

"Ketika sinar matahari masuk, botol plastik dapat bertindak sebagai kaca pembesar dan menyalakan api," ujar Richardson, dikutip dari Theepochtime yang juga pernah dimuat laman viva.

Richardson mengaku pernah mengalami hal tersebut. Ia menemukan dua titik hitam pada jok mobilnya, tepat di bawah air mineral yang ia taruh begitu saja.

“Saya coba menaruh tangan di bawah botol, dan rasanya benar-benar panas,” tuturnya.

 

mobil

Berdasarkan hasil uji coba, botol air plastik yang ada di kabin bahkan dapat mencapai suhu 121 derajat Celcius. Itulah mengapa, pemilik mobil disarankan untuk tidak meninggalkan air mineral dalam kemasan plastik di wilayah yang terpapar sinar matahari langsung.

Jika terpaksa, pemilik bisa meletakkan air mineral di bawah kursi, menutupinya dengan handuk, atau benda lain yang bisa membuat air terpapar sinar matahari. Dengan begitu, potensi terjadinya kebakaran bisa sedikit ditekan.

 

 

Sumber: 100Kpj.com





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com