Fenomena 6 Bencana Alam Ini Membuktikan Jika Bumi Sudah Benar-benar Lelah

Fenomena 6 Bencana Alam Ini Membuktikan Jika Bumi Sudah Benar-benar Lelah
Meletusnya Gunung Taal Filipina

Riauaktual.com - Pemanasan global benar-benar menimbulkan dampak yang luar biasa bagi bumi, perubahan itulah akhirnya menimbulkan banyak sekali bencana alam.

Rentetan bencana alam di tahun 2020 ini bahkan seolah tiada henti. Bumi yang kita pijak seolah mengatakan jika dirinya sudah benar-benar lelah.

Nah berikut merupakan sederet bencana alam yang terjadi di awal tahun bahkan menimbulkan banyak sekali korban, bukan hanya manusia tapi juga hewan.

1. Erupsi Gunung Taal Di Filipina

Meletusnya-Gunung-Taal-Filipina

Meletusnya Gunung Taal Filipina

Sebelumnya ternyata para ilmuan sudah memperingati jika perubahan iklim ini akan memicu terjadinya letusan gunung berapi di seluruh dunia.

Dan benar saja, di awal tahun ini gunung Taal di negara Filipina memuntahkan awan abu bankan bebatuan ke udara.

Menurut data Volcanic Ash Advisory, selain Gunung Taal, dilaporkan ada 25 gunung berapi lainnya di seluruh dunia yang mengalami erupsi di awal tahun 2020 ini.

2. Kebakaran Besar Di Australia

Kebakaran-Hutan-Australian

Kebakaran Hutan Australian

Australia dilanda serangkaian kebakaran besar yang sudah berlangsung selam berbulan-bulan.

Menurut ilmuwan, kebakaran hutan terjadi karena perubahan iklim yang membuat suhu udara di sana jadi sangat panas dari biasanya. Akibat kejadian ini setidaknya 500 juta hewan mati sia-sia.

Bahkan koala yang merupakan hewan Australia terancam punah.

3. Gletser Di Selandia Baru Berubah Jadi Coklat

Glester-Selandia-Baru-Berubah-Jadi-Cokelat

Glester Selandia Baru Berubah Jadi Cokelat

Umumnya gletser itu berwarna putih, tapi baru-baru ini gletser di Selandia Baru berubah jadi warna coklat. Hal itu dikarena kebakaran hutan yang terjadi di Australia.

Kebakaran hutan menyebabkan gletser hancur dengan cepat. Gletser berubah jadi coklat setelah terkena debu dari kebakaran hutan di Australia.

Karena kebakaran ini juga, 30% gletser di Selandia Baru sudah mencair.

4. Banjir Di Dubai

Banjir-di-Dubai

Banjir di Dubai

Banjir di Dubai sangat jarang terjadi karena di wilayah tersebut sangat langka turun hujan.

Namun beberapa waktu lalu, Dubai sempat dilanda banjir karena curah hujan ekstrim. Hujan selama 3 jam di Dubai setara dengan hujan selama satu bulan penuh.

5. Banjir Di Indonesia

Banjir-di-Indonesia

Banjir di Indonesia

Dan kejadian besar salah satunya di negara kita nih tipstrenners. Yaps, Indonesia!

Pada hari pertama di tahun 2020 tepatnya pada tanggal 1 Januari, khususnya wilayah Jabodetabek direndam oleh banjir. Dilaporkan ada puluhan korban jiwa dan ratusan bangunan hancur.

Hal ini memang bukan sekedar karena pemanasan global saja, tapi juga kebiasaan masyarakat yang selalu buang sampah sembarangan menjadi salah satu penyebabnya.

6. Salju Di Arab Saudi

Salju-di-Arab-Saudi

Salju di Arab Saudi

 

Baru-baru ini negara panas Arab Saudi benar-benar diselimuti oleh salju. Tipstrenners percaya? Hamparan putih terlihat menutupi gurun yang awalnya tandus.

Seperti dilansir dari laman Arab News, temperatur turun sampai di bawah 0 derajat Celcius di Arab Saudi yang memicu salju turun.

 

 

 

Sumber: pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index