Etape Pertama Tour de Siak Pembalap Australia Kuasai 3 Putaran

Etape Pertama Tour de Siak Pembalap Australia Kuasai 3 Putaran
Pelepasan start etape I Tour de Siak 2018

Riauaktual.com - Etape pertama Tour de Siak dengan jarak tempuh sepanjang 154,18 km yang melintasi Siak-Dayun dengan 3 kali sprint atau putaran, pembalap Autralia yang tergabung dalam team ST. George Continental Cycling Team, mengusai setiap putaran.

Dalam satu putaran paling tidak pembalap beradu kecepatan hingga menelan waktu sekitar 1 jam lewat 15 menit atau rata-rata kecepatan 68 km per jam, atau untuk penyelesaian etape I menelan waktu lebih dari 3 jam.

Pantauan di lapangan, dua rider atau pembalap asal Australia, masing-masing Martius dan Marcus yang menguasai tiga sprint etape I itu tampak meninggalkan pembalap lainnya sekitar 2 menit memasuki garis finish.

Etape pertama Tour de Siak dengan star di depan Istana Siak, dilepas oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Siak, Bambang Trikoro, Selasa (18/9/2018), pukul 13.35 WIB, dan finish di Raja Kecil depan RSUD Siak.

Para rider itu menelusuri Jalan Sultan Ismail – Indragiri, tepian Sungai Siak. Kemudian pebalap akan melintas bundaran Kwalian dan menuju jembatan megah Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL). Selanjutnya menuju Dayun dan kembali sesuai jalur pergi menuju garis finish di jalan Raja Kecik, depan RSUD Tengku Rafian, Siak.

Nampak hadir saat pelepasan 14 tim pembalap Tour de Siak 2018 di etape pertama, Sekdakab Siak HTS Hamzah, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Siak, Amin Budyadi, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Siak R Tonny Chandra dan Ketua KONI Siak, Amsar.

Beberapa tim dalam negeri yang ambil bagian dalam Tour de Siak 2018 ini diantaranya ACC (Advance Custom Cycling), PGN (Perusahaan Listrik Negara) Road Cycling Team, KFC (Kentucky Fried Chicken) Cycling Team dan tim kebanggaan kita dari Provinsi Riau, BSP (Bumi Siak Pusako).

Sementara untuk tim asal luar negeri yang akan ikut bertanding diantaranya Trengganu Cycling Team Malaysia, NEX CCN Filipina, Pro Cycling Stats Camboja, Seven Eleven Filipina, Santa George Continental Cycling Team Australia, Kinan Cycling Team Jepang, Go For Gold Filipina, Nice Ethiopia Cycling Project Ethiopia, dan Sapura Cycling Team Malaysia.

Sesuai aturan dari UCI, Tour de Siak 2018 ini terdiri 4 etape. Untuk etape pertama, pembalap menempuh rute Siak-Dayun sepanjang 154,18 km, dilanjutkan hari berikutnya etape II Siak -Sungai Apit 115,18 km. Pada etape III dengan rute Siak-Dayun-Buatan-Siak sepanjang 161,48 km. Lalu etape IV Siak City Race 92,06 km. Total keseluruhan panjang dari 4 etape itu, para pembalap beradu cepat sejauh 522,9 kilometer.

“Penyerahan jersey dan pengumuman siapa pemenang dalam etape I ini, diserahkan pada esok hari ini, hal ini sesuai ketentuan UCI,” kata Kadis Pariwisata Siak, Fauzi Asni. (atn)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index