Hasil Pilgubri Diumumkan 15 September Nanti

Hasil Pilgubri Diumumkan 15 September Nanti
Pasangan Cagub Riau. int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Adapun tahapan rekapitulasi perolehan suara, disebutkan Ketua KPU Riau Tengku Edi Sabli, akan diselenggarakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan KPU Provinsi Riau, yakni dimulai sejak tanggal 5 September kemarin.

"Pada tanggal 5 sampai 10 September akan dilakukan proses rekapitulasi tingkat PPS atau Desa, pada 11 sampai 12 September rekapitulasi tingkat Kecamatan, kemudian pada 13 sampai 14 September rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten dan Kota. Setelah itu pada 15 September 2013 rekapitulasi oleh KPU Riau secara terbuka," terang KPU.

Rekapitulasi secara terbuka ini, kata Edi, akan dilakukan di salah satu hotel di Pekanbaru. Untuk menentukan pasangan calon yang sah dari rekapitulasi KPU ini, mnurut Edi, yakni berdasarkan hasil rapat pleno terbuka.

"Kita meminta masyarakat Riau untuk bersabar menunggu hasil rekapitulasi perolehan suara ini. Sebab, proses rekapitulasi perlu waktu dan kita juga minta kepada masyarakat untuk tetap melakukan pengawasan terhadap rekapitulasi, kalau ada terbukti pelanggaran silahkan lapor ke Badan Pengawas Pemilu," tuturnya.

Disinggung mengenai rendahnya partisipasi pemilih pada Pilgubri tahun ini, Edi Sabli mengakui hal itu. Atas minimnya pemilih tahun ini, Edi menganggap hal ini sebagai pelajaran untuk dibenahi kedepannya.

"Kita akan evaluasi dimana titik lemahnya, apakah tingkat partisipasi pemilih rendah atau masalah sosialisasi yang masih kurang kita lakukan. Sejauh ini kita sudah berusaha secara maksimal dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tapi mungkin belum cukup dengan kerja segitu saja," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index