Ilustrasi kentang. © From Away

Kentang bisa bantu turunkan berat badan. Asal...

Sabtu,19 Mei 2018 - 23:06:04 WIB Di Baca : 1758 Kali

Riauaktual.com - Selama ini orang mengira kentang mengandung kalori yang bisa membuat berat badan bertambah. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa sesungguhnya, kentang bisa membantu menurunkan berat badan.

Melansir Indiatimes, para peneliti menyatakan, memakan kentang membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang, sehingga menghilangkan keinginan untuk mengonsumsi makanan junk food.

Menurut penulis dalam studi ini, Dr. Nicola Buckland dari Universitas Leeds, Inggris, banyak orang cenderung menyerah ketika diet karena rasa lapar dan ketagihan pada makanan.

Namun, mengonsumsi makanan dengan kepadatan yang lebih rendah membantu orang mampu mengatasi rasa lapar karena perasaan kenyang yang ditimbulkan.

Walaupun begitu, cara yang ideal untuk tetap mendapatkan kandungan nutrisi dalam kentang adalah dengan mengonsumsi kentang dalam bentuk aslinya, yaitu bersama kulitnya dan diolah secara minimal.

Vitamin B, potassium, dan vitamin C sensitif terhadap air dan panas, sehingga mudah untuk hancur dengan metode masak tertentu.

Ada dua cara yang disarankan untuk memasak kentang agar bisa membantu penurunan berat badan, serta mempertahankan nutrisi di dalamnya.

1. Dipanggang

Memanggang kentang bersama dengan kulitnya merupakan cara sehat untuk mengonsumsinya. Dengan dipanggang, nutrisi yang terbuang juga akan sangat sedikit.

Jika Anda terbiasa makan kentang goreng, potonglah kentang panggang menjadi bentuk memanjang kecil seperti digoreng. Ini bisa jadi alternatif yang lebih sehat.

2. Direbus bersama kulitnya

Kentang yang direbus bersama kulitnya akan mencegah hilangnya nutrisi seperti vitamin B dan C yang hilang dalam air rebusan.

Kurangi waktu memasak dengan api besar untuk mencegah hal di atas terjadi. Selain itu, kentang juga harus diangkat ketika sudah menjadi lunak bukan lembek.

 


Sumber: Liputan6.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...