Satlantas Diminta Tindak Pengendara Bandel

Satlantas Diminta Tindak Pengendara Bandel
ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Angka kejadian kecelakaan pengendara bermotor selama Ramadhan ini meningkat. Hal ini dikarenakan banyaknya pengendara yang tidak mematuhi rambu lali lintas serta kelengkapan berkendara, terutama pengendara roda dua.

"Saya lihat begitu, kebanyakan pengendara motor tidak memakai helm, apalagi remaja yang ugal-ugalan, maka Satlantas kita minta menindak para pengendara yang tidak patuhi kelengkapan berkendara ini," ungkap Kamaruzaman SH, Wakil Ketua Komisi I, Kamis (1/8/2013).

Kamaruzaman mencontohkan, kondisi di Jalan HR Soebrantas, Panam. Sejak lama politisi Partai Demokrat ini menghimbau agar dilakukan penertiban pengendara yang ugal-ugalan, namun hingga kini, masih banyak pengendara sepeda motor yang mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi.

"Bahkan saya lihat, mereka ini masih anak-anak yang tentu belum mengantongi surat izin mengemudi. Angka kecelakaan ini meningkat diakibatkan banyaknya pengendara yang menyalahi aturan ini," sebut Kamaruzaman.

Sebagaimana yang terjadi, bahwa dalam data yang ada di kepolisian, setiap hari ada kejadian kecelakaan kendaraan bermotor. "Kita berharap, agar pengendara yang tidak patuhi aturan ini ditertibkan, karena bisa mencelakai orang lain dan dirinya sendiri," sebut Kamaruzaman.

Ditambahkannya, kepada masyarakat diminta agar selalu waspada terhadap Lakalantas yang akan merugikan dirinya. Sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, diminta mempersiapkan kelengkapan berkendara seperti yang ingin berkendaraan roda dua sediakan helm, kaca spion, dan surat menyurat kendaraan yang akan dibawa.

"Orangtua yang memiliki anak jangan memberikan anak sepeda motor jika belum cukup umur. Ini rawan dan sangat mengangg pengendara lainnya di jalan raya," imbuhnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index