Wako Instruksikan Semua Pihak Aktifkan Lagi Koperasi

Wako Instruksikan Semua Pihak Aktifkan Lagi Koperasi
Lambang Koperasi

PEKANBARU (RA)- Dalam krisis global Koperasi sebagai penunjang Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) terbukti tahan krisis. Selain Koperasi juga ujung tombak permodalan bagi masyarakat, koperasi juga mudah di pahami azasnya.

Saat ini di Pekanbaru terdapat 984 unit koperasi, dimana sebanyak 830 unit merupakan koperasi yang aktif sementara 154 unit saat ini berstatus tidak aktif. Dari jumlah koperasi tersebut sanggup mengayomi anggotanya sebanyak  107.949 orang. Baik koperasi simpan pinjam maupun koperasi usaha.

Meski banyak yang mati suri, koperasi-koperasi yang ada di kota Pekanbaru dua tahun terakhir ini mulai bangkit kembali. Terbukti dengan meraih penghargaan Bakti tahun lalu, dan tahun ini raih  penghargaan Satyalancana Wira Karya.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, melalui Kepala Bagian Humas Setdako Pekanbaru, Drs H Azharisman Rozie, M.Si usai menerima penghargaan tingkat nasional dari Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu (14/7/2013) di halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, mengintruksikan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, bersama Dinas terkait agar bersinerji untuk menjadikan soko guru perekonomian masyarakat untuk kembali mengaktifkan dan menggalakkan koperasi di Pekanbaru.

"Seperti koperasi kelompok tani, kelompok pertenakan, kelompok perikanan dengan sinergi melalui Distan, koperasi sekolah melalui Disdik, bahkan para Camat dan Lurah diminta untuk menggelorakan semangat berkoperasi ini di lingkungannya masing-masing sehingga UMKM yang ada terhindar dari rentenir," ujar Haris Menguraikan ucapan Wako.

Katanya, Pada saat ini pemetaan pedagang kaki lima salah satu aspek yang terpenting yang di lakukan Firdaus guna mengarahkan para PKL untuk bekerjasama dengan koperasi yang ada. Bahkan jika perlu mendirikan koperasi baru sehingga koperasi diharapkan bisa membantu PKL. 

Sama dengan penghargaan bergengsi lainnya yang pernah diterima wako Firdaus, wako menggaris bawahi bahwa penghargaan bukan merupakan tujuan akhir akan tetapi harus menjadi pemicu, motivasi bagi Stageholdel agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga visi Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani dapat terwujud.

Laporan: Va Editor: Doni Dwi Putra

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index