Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sarankan Orang Tua Sekolahkan Anak ke Sekolah Kejuruan

Jumat, 20 April 2018 - 15:31:18 WIB Di Baca : 1884 Kali

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Bengkalis H.Indra Gunawan Eng PHD menyarankan, bagi orang tua yang merasa tidak mampu menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi, lebih baik  memasukan anak-anaknya bersekolah ke sekolah kejuruan seusai tamat SLTP.

Hal itu diutarakan Indra Gunawan yang akrab disapa Eet saat menyambangi masyarakat di beberapa desa di kecamatan Bengkalis dan Bantan pada kegiatan reses dalam minggu ini.

Ia mengaku cukup prihatin, ternyata banyak anak di Bengkalis tamatan SLTA yang tidak bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi karena keterbatasan ekonomi keluarga, disisi lain selepas tamat SLTA mereka tidak memiliki keahlian.

"Pada saat melaksanakan reses ke beberapa desa, ada keluhan dari masyarakat yang kesulitan membiayai kuliah anaknya ke perguruan tinggi disebabkan ketiadaan biaya. Oleh karena itu saya menyarankan supaya orang tua yang merasa ekonomi mereka tidak mencukupi untuk menyekolahkan anak selepas tamat SLTP ke sekolah kejuruan, supaya mereka punya keahlian seperti perbengkelan, mesin, bangunan dan lainnya," papar Eet.

Namun, kata Eet, bagi mereka yang terlanjur tamatan SLTA bisa mendapatkan keahlian di Balai Latihan Kerja (BLK) sekaligus mendapatkan sertifikasi sebagai syarat melamar pekerjaan. Apalagi tukasnya, di zaman sekarang untuk mendapatkan pekerjaan selain harus punya pengalaman juga memiliki keahlian khusus atau yang spesifik.

"Kita berharap jumlah angkatan kerja di kabupaten Bengkalis ini khususnya adik-adik yang tamat sekolah dari SLTA tapi tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dapat mengikuti berbagai kursus keahlian dan mereka kemudian mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian. Nah, kalau mereka punya keahlian terus dapat pekerjaan dimana saja kan bisa kuliah non reguler di berbagai perguruan tinggi dengan biaya sendiri dari hasil keringat mereka," tukas Eet. (put)




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com