Rusia Protes Otoritas Inggris Geledah Pesawat Aeroflot Tanpa Alasan

Rusia Protes Otoritas Inggris Geledah Pesawat Aeroflot Tanpa Alasan
Salah satu armada pesawat milik Aeroflot (Foto: Pascal Pavani/AFP)

Riauaktual.com – Kedutaan Besar Rusia di London, Inggris, mengumumkan otoritas negeri tersebut menggeledah sebuah pesawat milik maskapai Aeroflot yang mendarat di Bandara Internasional Heathrow pada Jumat 30 Maret. Menurut pihak kedutaan, tindakan itu sangat ‘luar biasa’.

“Petugas Imigrasi dan Perbatasan sudah menggeledah sebuah pesawat yang melayani penerbangan Aeroflot dengan nomor 2582/2583, Moskow – London – Moskow. Peristiwa ini sungguh luar biasa,” ujar Kedutaan Besar Rusia dalam pernyataan resmi, mengutip dari Reuters, Sabtu (31/3/2018).

Pihak Kedutaan Besar Rusia menambahkan, pejabat terkait dari pemerintah Inggris menolak untuk memberikan alasan spesifik di balik pemeriksaan tersebut.

“Kedutaan sudah mengirimkan nota diplomatik berisi permintaan agar pihak Inggris memberikan penjelasan atas insiden tersebut,” imbuh Kedutaan Besar Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova menerangkan, otoritas Inggris meminta kru penerbangan, termasuk kapten pilot, untuk meninggalkan pesawat tersebut. Namun, sang kapten menolak meninggalkan pesawat hingga akhirnya dibiarkan terkurung di dalam kokpit.

“Kami mendesak otoritas Inggris untuk berhenti melakukan aksi provokatif dan mengembalikan situasi kepada kerangka kerja yang sah,” ujar Zakharova, melansir dari TASS.

Sementara itu, juru bicara pihak maskapai Aeoroflot menuturkan, tindakan otoritas Inggris itu bertentangan dengan praktik internasional terkait penggeledahan pesawat. Pihak maskapai asal Rusia itu mengaku bingung dengan tindakan Inggris.

“Aeroflot bingung mengingat tidak ada alasan yang diberikan. Selama penggeledahan, pihak Inggris meminta semua kru meninggalkan pesawat dan hanya menyisakan pilot. Meski demikian, pilot terisolasi di kokpit. Aksi itu bertentangan dengan praktik penggeledahan pesawat yang berlaku secara internasional,” terang juru bicara Aeroflot.

Akan tetapi, Kepolisian Metro London membantah adanya penggeledahan itu. Lewat akun Twitter, Kepolisian Metro London mengaku pihaknya tidak melakukan penggeledahan apa pun terhadap pesawat Airbus yang datang dari Moskow itu di Bandara Internasional Heathrow. (Wan)

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index