Sengaja Gemukkan Badan, Pemuda Ini Malah Dipenjara

Sengaja Gemukkan Badan, Pemuda Ini Malah Dipenjara
ilustrasi pria.

Riauaktual.com - Punya bentuk tubuh yang ideal dan atletis merupakan impian sebagian besar laki-laki. Tapi pemuda ini berbeda. Ia justru ingin menggemukkan badannya untuk alasan tertentu, yakni menghindari wajib militer.

Akibat ulahnya, pria 21 tahun asal Korea, yang disembunyikan identitasnya itu, mendapat hukuman dari Kepolisian setempat. Seperti diketahui, wajib militer adalah program yang harus diikuti pemuda Korea.

Seperti dilansir dari Korea Times, pria dengan tinggi 180 cm itu awalnya berbobot 87 kilogram ketika lulus dari sekolah menengah pada bulan Februari. Namun, pada pemeriksaan fisik di bulan Juli, berat badannya naik menjadi 113, 6 kilogram.

Indeks massa tubuhnya mencapai 36,1, yang artinya tidak memenuhi syarat untuk ikut wajib militer. Sehingga ia ditugaskan ke posisi pelayanan publik, alternatif yang kurang menuntut secara fisik.

Usut punya usut, Kepolisian akhirnya mengetahui bahwa ia sengaja membuat tubuhnya menggemuk, karena menghindari wajib militer. Tak pelak, hukuman penjara dari Pengadilan Distrik Cheongju dijatuhkan padanya.

Menurut Undang-undang Korea, seseorang yang melarikan diri, menyebabkan cedera diri, atau menipu untuk menghindari wajib militer dapat menghadapi hukuman maksimal lima tahun penjara. (Wan)

 

Sumber: Viva.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index