Agar Lahir Wartawan Profesional di Kuansing, Humas Pemkab Adakan Kegiatan Pelatihan Jurnalistik

Agar Lahir Wartawan Profesional di Kuansing, Humas Pemkab Adakan Kegiatan Pelatihan Jurnalistik
Humas Pemkab Kuansing mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Padang

Riauaktual.com - Perhatian Pemkab Kuansing, terhadap wartawan di Kabupaten Kuantan Singingi, patut diacungi jempol, sebab Pemkab melalui Humas Kuansing, memiliki kepedulian terhadap keberadaan wartawan, dengan mengadakan pelatihan jurnalistik. Tujuannya agar terlahirnya wartawan yang profesional di Kuansing.

Pelatihan jurnalistik ini, diselenggarakan Humas Pemkab Kaunsing, di Kota Padang, Rabu (28/3/2018). Pelatihan ini diikuti 30 orang wartawan dari berbagai media di Riau, baik cetak maupun elektronik.

Pada pembukaan acara Kabag Humas Pemkab Kuansing, Drs. Muradi menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk wartawan profesional dalam menjalankan tugasnya di Kubupaten Kuantan Singingi.

Terutama sekali kata Muradi, ketika wartawan itu menyuguhkan informasi ke masyarakat dalam pemberitaan, ia menginginkan hasil karya wartawan itu dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat.

Kemudian dalam penulisan, ia mengahrapakan para wartawan tetap harus mengacu kepada kode etik jurnalistik, sehingga ketika masyarakat mengkonsumsi hasil karya tersebut isinya dapat menyejukkan. 

"Agar tercapainya apa yang kita inginkan itu, maka kegiatan ini kita adakan, supaya terlahirnya wartawan yang prifesional," kata Muradi.

Dalam pelatihan jurnalistik ini, hadir sebagai pemateri Saprudin Koto dari PWI Riau dan Heri B Koriun wartawan senior yang saat ini masih aktif di Riau Pos. Untuk pelatihan sesi pertama pemateri adalah Saprudin Koto, sesi kedua Heri B Koriun.

Dalam sambutan pembuka Saprudin Koto menyampaikan, bahwa dalam melahirkan hasil karya jurnalistik, ia mengatakan wartawan itu diharapkan bisa menghasilkan berita yang panas menjadi dingin.

"Inilah pentingnya wartawan, harus mengacu kepada kode etik jurnalistik, dalam membuat isi berita. Dan ini mesti menjadi pegangan oleh setiap wartawan," ujarnya. (Jk)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index