Walikota Pekanbaru Dukung Program Gerakan Indonesia Bersih dengan Menggalakkan Goro

Walikota Pekanbaru Dukung Program Gerakan Indonesia Bersih dengan Menggalakkan Goro
Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT saat meninjau gotoroyong di salah satu pasar. FOTO: VR

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk mendukung program Pemerintah Pusat mensukseskan Gerakan Indonesia Bersih (GIB), di Kota Pekanbaru, Walikota H Firdaus MT mulai mencanangkan gerakan Pekanbaru Bersih.

Kegiatan ini ditandai dengan digelarnya Gotong Royong (Goro) Bersama TNI, PNS, OP Kebersihan, dan masyarakat di 10 tempat pada 12 Kecamatan. Demikian hal ini dikatakan oleh Walikota Pekanbaru H Firdaus MT usai meninjau goro di Arifin Achmad, Kamis (13/6/2013).

Goro massal ini juga digelar sempena dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-229, sekaligus HUT ke-63 Kodam I/BB tahun 2013.

"Tujuan goro ini untuk memotivasi masyarakat Pekanbaru untuk menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan sehat," ujarnya.

Menurutnya, saat ini kebersihan drainase di lingkungan masyarakat masih belum maksimal. Bahkan masih banyak yang tersumbat dan ditutup.

"Seperti parit di Jalan Arifin Achmad kini banyak tersumbat. Banyak yang digunakan oleh masyarakat untuk berdagang sehingga air hujan akan melimpah ke jalan dan ini merusak jalan," terangnya.

Oleh karena itu, Wako menghimbau agar Goro digelar secara rutin di setiap Kecamatan. Bahkan, diakuinya, untuk merangsang setiap Kecamatan berlomba hidup bersih, Pemko memperlombakannya tiap tahun. Termasuk usulan penggunaan bendera putih-hitam bagi kecamatan yang bersih dan kotor akan jadi pertimbangan Walikota kedepan.

"Intinya, bagaimana kita menjadikan hidup bersih itu sebagai budaya masyarakat Pekanbaru ke depan. Makanya perlu gerakan bersama seperti yang dicanangkan oleh President RI yakni Gerakan Indonesia Bersih (GIB)," tandasnya.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index