Tanggapan Walikota Pekanbaru Tentang Geng Motor

Tanggapan Walikota Pekanbaru Tentang Geng Motor
Walikota Pekanbaru H Firdaus MT. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dalam rangka memperingati dan menyemangati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2013, Walikota Pekanbaru H Firdaus MT mengharapkan isu geng motor jadi perhatian.

Kebangkitan nasional harus dijadikan awal kebangkitan tanggung jawab bersama semua pihak baik  antara pemerintah dan masyarakat untuk menyelamatkan generasi muda bangsa dari korban didikan dan pengaruh geng motor.

"Mari kita tumbuh kembangkan semangat Hari Kebangkitan Nasional ini, terutama di kalangan  generasi muda," ujar  Firdaus MT, usai memimpin upacara peringatan di halaman Kantor Walikota Pekanbaru, Senin 20 Mei 2013.

Firdaus menyatakan, para pelajar dan generasi muda hanya korban dari tren zaman geng motor. "Mereka yang ikut anak sekolah yang sedang mencari aktualisasi jati diri. Sehingga mudah terpengaruh tren sekarang ini," kata Firdaus.

Menurutnya, untuk memberantas geng motor ini, perlu kerjasama semua pihak, tidak hanya pihak Kepolisian, Pemerintah, Warga juga harus aktif melaporkan. Jika mereka melihat aksi dan tindak tanduk mencurigakan anggota geng motor di lingkungannya, mereka berhak melaporkannya.

"Apalagi RT/RW mereka harus pantau warganya 24 jam, kalau mengandalkan petugas jumlahnya terbatas. Mereka biasanya berkumpul di malam hari. Makanya kita himbau RT/RW juga pantau bedeng-bedeng kosong di malam hari," sarannya.

Sementara untuk anak-anak sekolah dan remaja Pekanbaru, lanjut Firdaus, itu juga membutuhkan perhatian orangtua dan pihak sekolah.

"Orangtua harus lebih lagi memantau keberadaan anak mereka di luar jam sekolah, siapa teman mereka, apa kegiatan mereka jangan dibiarkan begitu saja. Pihak sekolah juga harus proaktif memberikan pengertian dan pengalihan bakat-bakat terpendam dari para anak-anak melalui kegiatan ekskul," tuturnya.

"Kita juga pemerintah turut berperan dengan mengupayakan penciptaan fasilitas bermain bagi mereka. Mudah-mudahan tahun ini kita mulai pembangunan sircuit motor dan fasilitas olahraga di Tenayan pada lahan seluas 20 hektare," tandasnya.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index