Resmikan Puskesmas Rawat Inap Pelayanan Obstetic N

Walikota Pekanbaru Berharap Angka Kematian Ibu dan Anak Bisa Menurun

Walikota Pekanbaru Berharap Angka Kematian Ibu dan Anak Bisa Menurun
Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT saat menggunting pita peresmian Puskesmas PONED. FOTO: VR

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kedepan, pelayanan darurat bagi ibu hamil sudah bisa dilakukan di Puskesmas, tidak meski ke Rumah Sakit lagi. Hal ini dimungkinkan dengan diresmikannya penggunaan Puskesmas Rawat Inap Pelayanan Obstetic Neonatal Emergensi Dasar (Poned) pertama di Pekanbaru, Jum'at (17/5/2013).

Puskesmas Poned ini terletak di daerah pinggiran Kota Pekanbaru tepatnya di Jalan Delima, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tampan. Walikota Pekanbaru H Firdaus MT yang pada kesempatan tersebut meresmikan pemakaian Puskesmas Poned menyatakan bersyukur, karena dengan dibukanya pelayanan khusus ibu hamil ini, maka kedepan diharapkan angka kematian ibu dan bayi di Kota Pekanbaru terus menurun.

Meski menurutnya itu bukanlah salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, sebab cara lain yang lebih ampuh meningkatkan kesehatan adalah cara pencegahan. Mencegah bisa dilakukan dengan bersama-sama menjaga kebersihan mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas.

"Puskesmas Poned ini diadakan untuk penanganan kesehatan secara kuratif, meski cara prefentif juga tak kalah penting. Disini ibu hamil akan ditangani sejak awal kehamilan hingga melahirkan," kata Firdaus di sela-sela peresmian Puskesmas Poned.

Ia berpesan kepada pelayan Puskesmas dan para dokter untuk mengutamaan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Sementara disinggung persoalan untuk sistem pelayanannya di lapangan apakah ini akan mengacu sama dengan puskesmas biasa yakni gratis. Firdaus menyatakan nanti akan mengacu kepada ketentuan. Apakah SOP-nya dibenarkan demikian atau tidak oleh Menkes.

"Yang penting bagaimana kita memberikan standar pelayanan yang murah," tandasnya.

Ia juga berjanji kedepan akan meningkatkan secara bertahap status seluruh Puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru saat ini.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index