Siku dan Lutut Tak Lagi Gelap, Coba 5 Perawatan Rumah dengan Bahan Alami Ini!

Siku dan Lutut Tak Lagi Gelap, Coba 5 Perawatan Rumah dengan Bahan Alami Ini!
Siku (Foto: Deagobbler)

Riauaktual.com - KARENA letaknya yang jarang terlihat oleh mata, dan juga jarang tersentuh, akhirnya membuat area lutut dan siku menjadi mudah kusam karena jarang dibersihkan secara seksama.

Menghitamnya kulit siku dan lutut ini sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kulit yang terlalu kering, kurang asupan vitamin, hormon tidak seimbang, diet yang salah, dan jarangnya melakukan perawatan.

Warna kulit siku dan lutut yang kusam menggelap bahkan cenderung kehitaman, sejatinya sama seperti ketika ada noda atau jerawat di wajah, yakni sama-sama bisa membuat diri menjadi merasa kurang percaya diri.

Tenang, jika tidak memiliki dana dan waktu untuk menghilangkan siku dan lutut menghitam ini dengan perawatan mahal di klinik kecantikan. Perawatan alami ala rumahan dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur pun bisa dilakukan, apa saja perawatan rumahan untuk mengatasi warna kulit siku dan lutut yang menghitam ini? Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, berikut di bawah ini uraian jelasnya.

1. Campuran baking soda dan susu : Buat pasta baking soda dengan mencampurkan bubuk baking soda dan susu secukupnya, aduk merata hingga menjadi pasta kental. Aplikasikan pasta tersebut pada area siku dan lutut secara merata, diamkan selama 15 menit baru bilas dengan air bersih. Untuk hasil ideal, lakukan metode ini satu kali dalam seminggu dalam kurun waktu dua bulan.

2. Campuran gula pasir dan minyak zaitun : Untuk membantu proses pengelupasan kulit. Campur gula dengan minyak zaitun pada sebuah wadah, lalu oleskan ke bagian yang di rasa memiliki warna gelap. Tekstur kasar pada gula mampu menjadikan scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati termasuk pada daerah lutut dan siku.

3. Yogurt : Tidak hanya enak dikonsumsi dan melancarkan pencernaan, yogurt juga diketahui baik untuk melembapkan dan mencerahkan warna kulit. Coba campurkan satu sendok teh yogurt dan cuka, balur campuran tersebut pada area siku dan lutut. Bilas setelah 15 menit dengan air hangat sesudahnya.

4. Lemon : Soal mencerahkan warna kulit, rasanya memang tidak bisa melewatkan bahan alami satu ini. Yup, lemon efektif untuk melembutkan kulit yang kasar serta mencerahkan siku dan lutut. Caranya mudah saja, cukup potong lemon jadi dua bagian dan langsung aplikasikan lemon pada area siku dan lutut, kemudian beri gerakan pijatan perlahan, diamkan selama 10 menit, baru terakhir bilas menggunakan air hangat. Lakukan trik ini selama beberapa pekan, lalu lihat perbedaannya.

5. Masker campuran : Masker ini diketahui berfungsi untuk membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati secara alami yang kerap menumpuk di bagian siku dan lutut. Adanya tambahan bahan baking soda, difungsikan sebagai pemutih alias bleaching alami yang mencerahkan warna pigmen kulit. Dimana nantinya akan menghasilkan warna kulit lebih cerah, sebagai catatan, jika ingin mendapatkan hasil yang diinginkan bahkan warna siku dan lutut yang lebih terang, maka disarankan untuk melakukan ritual ini dengan menggunakan masker di bawah ini secara rutin.

Bahan;

1 sendok makan gula pasir;

1 sendok makan jus lidah buaya;

2 sendok teh bubuk baking soda

Cara membuat masker;

1. Ambil wadah mangkuk. Masukkan semua bahan-bahan di atas, campur, aduk hingga merata. Hingga menjadi adonan pasta kental.

2. Aplikasikan ke area kulit kedua siku tangan dan kedua lutut.

3. Pijat-pijat perlahan kedua area tersebut.

4. Diamkan hingga pasta ini mengering alami dengan sendirinya, kurang lebih 15 menit;

5. Bilas bersih sikut dan lutut menggunakan sabun pembersih jenis mild. Selamat mencoba!


Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index