Pengendara Sepeda Motor, Jangan Remehkan Fungsi Sarung Tangan

Pengendara Sepeda Motor, Jangan Remehkan Fungsi Sarung Tangan
Ilustrasi : rideapart.com

Riauaktual.com -  Beberapa orang beranggapan bahwa penggunaan sarung tangan saat berkendara tidak terlalu penting atau hanya diperlukan untuk menempuh jarak jauh. Nyatanya, aksesori yang satu ini memiliki peran penting dan fungsi serta manfaat nyata.

Bagi pengendara motor, sarung tangan bisa mencegah cedera parah ketika terjadi kecelakaan. Refleks tangan yang cenderung melindungi tubuh saat terjatuh berpotensi menyebabkan tangan terluka parah. Beberapa jenis bahkan dilengkapi dengan har-shell protector demi menunjang sisi keamanan.

Selain itu, sarung tangan juga bisa menjaga suhu tangan tetap stabil saat berkendara. Ketika harus mengemudi saat cuaca dingin, tangan akan tetap hangat sehingga teap nyaman dan menunjang konsentrasi. Di musim panas pun demikian, tangan akan terhindar dari sengatan panas matahari.

Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet pada bagian telapak. Hal ini dilakukan supaya pengendara lebih mudah dan nyaman saat mencengkeram setang dalam berbagai kondisi. Semakin baik grip pengendara pada stang, kendali pada motor pun ikut meningkat.

Berkendara dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tangan lecet. Satu-satunya aksesori yang bisa mencegah hal tersebut ialah sarung tangan. Selain itu kenyamanan juga bertambah karena lapisan sarung tangan dapat mengurangi getaran kendaraan yang tersalur ke pengendara.


Sumber : otosia.com


 

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index