Lima Artis Tak Penuhi Syarat Jadi Caleg PAN

Lima Artis Tak Penuhi Syarat Jadi Caleg PAN
Desi Ratna Sari. FOTO: int

JAKARTA, RiauAktual.com – Sedikitnya ada lima artis bakal calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang tidak memenuhi syarat verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU menilai kelimanya tidak memenuhi berkas yang menjadi persyaratan secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil verifikasi kelengkapan administrasi bakal caleg yang dipublikasikan di situs KPU, kelima artis tersebut adalah pasangan Gisele Anastasia dan Gading Marten, Jeremy Thomas, Hengky Kurniawan, serta Desy Ratnasari.

Gisele yang maju dari daerah pemilihan Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) tidak memiliki berkas yang diserahkan ke KPU. Sementara Gading Marten yang maju dari dapil DKI Jakarta I (Kodya Jakarta Timur) tidak memenuhi berkas surat keterangan terdaftar sebagai pemilih, tidak mencantumkan surat sehat jasmani dan rohani, tak menyertakan ijazah, KTP, dan pas foto.

Jeremy Thomas yang maju dari dapil DKI Jakarta III (Kodya Jakarta Barat, Kodya Jakarta Utara, dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu) dinilai tidak memenuhi surat keterangan terdaftar sebagai pemilih, serta tidak melampirkan surat keterangan sehat rohani dan bebas narkoba. Ijazah pendidikan bintang sinetron tersebut juga belum dilegalisir.

Selanjutnya, Hengky Kurniawan yang maju di dapil Jawa Timur VI (Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Blitar) tidak melampirkan soft copy foto.

Terakhir, Desy Ratnasari yang maju dari dapil Jawa Barat IV (Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi) tidak memenuhi berkas surat keterangan terdaftar sebagai pemilih. Ijazah SMA-nya pun belum dilegalisir.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan hasil verifikasi bakal caleg 12 partai politik peserta pemilu. Total jumlah bakal caleg sebanyak 6.578 orang, terdiri dari 4.139 laki-laki dan 2.439 perempuan. Namun dari hasil verifikasi, hanya 1.327 bakal caleg yang memenuhi syarat untuk menjadi caleg, sedangkan 4.701 tidak memenuhi syarat, dan 549 lainnya tidak melampirkan berkas.

Berikut adalah rincian verifikasi bakal caleg DPR RI dari PAN: Jumlah yang diterima dalam berita acara ada 560 orang, terdiri dari 349 laki-laki dan 211 perempuan. Berkas caleg yang diterima 534, yang belum diterima 26. Keterwakilan perempuan 38 persen.

Hasil verifikas bakal caleg PANi: 396 caleg PAN memenuhi syarat, dan 138 tidak memenuhi syarat, sementara 26 lainnya tidak ada berkasnya (belum sampai ke KPU).

Laporan: Viva.com
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index