Sebelum Didaftarkan ke KPU, Caleg PAN Pekanbaru Diberi Motivasi Jon Erizal

Sebelum Didaftarkan ke KPU, Caleg PAN Pekanbaru Diberi Motivasi Jon Erizal
Penyerahan berkas Caleg PAN Kota Pekanbaru ke KPU. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Berkas 45 Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pekanbaru telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pekanbaru, Jum'at (19/4/2013) siang tadi. Ada yang berbeda yang dilakukan PAN Kota Pekanbaru sebelum mendaftarkan Caleg-nya ke KPU, yakni memberi motivasi oleh Bendahara Umum DPP PAN yang juga Bakal Calon Gubernur Riau, Jon Erizal.

Penyerahan berkas Caleg PAN ini diserahkan oleh Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru, Sondia Warman SH dan diterima langsung oleh Ketua KPUD Pekanbaru Tengku Rafizal. Tampak iring-iringan lebih dari 30 mobil mengantarkan berkas Caleg ini ke KPUD Pekanbaru, stiker Jon Erizal menempel di sebagian mobil yang berwarna putih tersebut. Awalnya direncanakan menggunakan odong-odong, tetapi siang itu hujan mengguyur Kota Pekanbaru.

"Kita antarkan berkas caleg ini, kuota perempuan 30 persen dan dari lima Dapil (Daerah Pemilihan, red) ada dua Dapil yang perempuan di nomor urut 1, yaitu di Rumbai dan Tenayan. Sampai saat ini 98 persen berkas yang kita serahkan ini sudah sempurna. Karena fotokopi saja kami leges dan tanda tangan basah, sampai saya panggil tukang pijit tadi malam," ungkap Ketua DPD PAN Pekanbaru, Sondia Warman.

Bendahara Umum PAN yang juga sebagai Bakal Calon Gubernur Riau, Jon Erizal yang juga turut mendampingi Caleg PAN mendaftar ke KPUD Kota Pekanbaru mengatakan, dari perbincangan dan melihat Caleg PAN Kota Pekanbaru yang maju di Pemilu Legislatif tahun 2014, Jon Erizal optimis minimal PAN dapat merebut 10 kursi di DPRD Kota Pekanbaru.

"Kita melihat proses pencalegkan ini berjalan lanjar, damai tidak ada sikut-sikutan, saya dari DPP mengapresiasi, saya datang khusus hari ini bersama teman-teman Daftar Peserta Sementara (DPS)-nya agar mengemban amanahnya dengan baik. Di kongres PAN itu ada tigal yang harus diperjuangkan, diantaranya menang Pilkada di Riau, kedua menang legislatif, ketiga menang Pilpres. Dari tiga tersebut agar DPS yang didaftarkan ini supaya bersinergi, jangan ada saling jegal, jangan ada perebutan antara satu dengan yang lain, berkompetisi yang sportif, itu yang saya sampaikan tadi kepada Caleg kita itu," kata Jon Erizal saat ditemui di KPUD Kota Pekanbaru usai pendaftaran Caleg PAN Pekanbaru.

Pemberian motivasi tersebut, menurut Jon Erizal, baru perdana dilakukan yakni di Kota Pekanbaru saja. Kedepannya, akan memberlakukan hal yang sama kepada DPD PAN lainnya, demikian juga DPW. "Mungkin di DPD lainnya sudah mempersiapkan, maka akan kita buatkan seperti ini saja, dalam waktu dekat itu di DPW PAN Riau, mungkin juga telah dipersiapkan," pungkasnya.

Ketua KPUD Kota Pekanbaru Tengku Rafizal yang menerima berkas Caleg PAN Pekanbaru menyebutkan, PAN merupakan partai kedua yang mendaftarkan Caleg-nya ke KPUD Kota Pekanabru setelah sebelumnya PKS Pekanbaru, sesuai jadwal yang diterima KPU, setelah PAN, maka PKB merupakan partai selanjutnya yang akan mendaftarkan Caleg-nya ke KPU.

"Berkas ini sudah diterima secara simbolis dari Ketua DPD PAN Pekanbaru, berkas ini akan diperiksa oleh staf kita dan disaksikan oleh LO. Sekretaris atau Bendahara juga boleh menyaksikan, sementara yang lainnya tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruangan pemeriksaan berkas ini," kata Rafizal.

Perbaikan berkas, menurut Rafizal juga bisa dilakukan lagi, karena pemeriksaan berkas Caleg tersebut nantinya akan melakukan pengecekan terhadap kelengkapan data dan pencocokkan berkas dengan data Caleg. "Ini sudah menjadi ketentuan yang sudah disepakati, wartawan boleh masuk ke ruangan asal jangan mengganggu proses pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan, nanti akan kita berikan bukti dan data pemeriksaan ke DPD," ucap Rafizal.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index