Jon Erizal Silaturahim dengan Warga Riau di Kepri

Jon Erizal Silaturahim dengan Warga Riau di Kepri
Jon Erizal

TANJUNGPINANG, RiauAktual.com - Ratusan warga Riau yang bermukim di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, melakukan silaturahim dengan Bakal Calon Gubernur Riau H. Jon Erizal, SE, MBA, di kediaman keluarga H. Dharma Setiawan di Jalan Darussalam, Kampung Baru, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), kemarin Rabu (3/4/2013) malam. Sebelumnya Jon Erizal bersama istri dan rombongan berziarah ke makam raja-raja di Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kepri.

Hadir diantaranya Ketua Ikatan Keluarga Kabupaten Bengkalis (IKKB) Edy Syafrani, Penasehat IKKB  H.A. Karim Achmad dan Amir Faisal, tokoh masyarakat Abdul Kahar serta warga Riau di Kepri yang berasal dari Bengkalis, Meranti, Dumai, Rohil, Siak, Kampar dan Kuansing.  Selain memanjatkan doa untuk perjuangan Jon Erizal, acara makan malam dimeriahkan dengan lagu-lagu Melayu yang diiringi musik gazal.

Dalam sambutannya, Jon Erizal meminta doa dan dukungan kepada  warga Riau yang bermukim di Kepri untuk maju sebagai Gubernur Riau 2013-2018. Dukungan warga Riau di perantauan sangat dibutuhkan mengingat masih kuatnya emosional terhadap kampung halaman. ‘’Saya mohon doa dan dukungan dari bapak-bapak dan ibu-ibu agar saya diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan amanah yang diberikan kepada saya ini,’’ ujar Bendahara Umum DPP PAN itu dengan dialek Bengkalis yang kental.

Jon Erizal mengatakan dirinya ingin Riau lebih maju lagi dari yang sudah ada sekarang. Kemajuan itu dibalut dengan suasana aman, harmonis dan agamis. Putra kelahiran Parit Bangkung, Bengkalis, ini juga menginginkan Riau cerdas dan sehat. Artinya, pendidikan dan kesehatan harus menjadi perhatian utama. Akhirnya, Riau harus sejahtera dan berbudaya. ‘’Saya ingin kebudayaan ditonjolkan, karena kelebihan Riau dibandingkan daerah lain adalah  minyak dan gas serta budaya dan bahasa,’’ ujarnya.

Kunjungan Jon Erizal ke Tanjungpinang juga dalam rangka melihat lebih dekat lagi pusat kebudayaan Melayu Riau itu. Tanjungpinang merupakan ibukota Riau sebelum dipindahkan ke Pekanbaru. Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu Riau yang berpusat di Tanjungpinang.  Raja Ali Haji, pengarang Gurindam Dua Belas,  telah diangkat sebagai Pahlawan Nasional Bidang Bahasa Indonesia. Raja Ali Haji adalah Bapak Bahasa Melayu Indonesia, Budayawan di Gerbang Abad XX. ‘’Jika hendak mengenal orang berbangsa, lihat kepada budi bahasa,’’ begitu kata Gurindam Dua Belas Pasal Kelima seperti dikutip Jon Erizal.

Tokoh masyarakat Riau di Kepri, Amir Faisal menyambut baik kedatangan Jon Erizal bersama istri dan rombongan ke Tanjungpinang. Kunjungan ini menandakan bahwa calon pemimpin Riau tidak melupakan sejarah. Apalagi, sejarah ini menyangkut kebudayaan dan bahasa yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia. ‘’Kita jangan sekali-kali melupakan sejarah,’’ ujarnya mengutip pidato mantan Presiden Soekarno.  Warga Riau di Kepri, katanya, siap mendukung Jon Erizal menjadi Gubernur Riau 2013-2018.***  

Sumber: Realise
Editor: Riki
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index