Mengenal Hatarakibachi, Budaya Kerja Keras Orang Jepang

Mengenal Hatarakibachi, Budaya Kerja Keras Orang Jepang
Photo : U-Report Orang Jepang tertidur karena kelelahan.

Riauaktual.com - Workaholic adalah salah satu bagian kehidupan masyarakat Jepang yang sulit dilepaskan. Bagi Anda yang bekerja di perusahan Jepang atau bekerja sama dengan rekan dari negara tersebut, pasti mengenal dengan baik bagaimana budaya hatarakibachi dan kerja keras itu sudah mendarah daging.

Tak hanya soal ketepatan waktu, orang Jepang dikenal tak menyukai kesia-siaan dalam bekerja dan sangat menjunjung tinggi idiom time is money. Jika Anda menyempatkan diri untuk bepergian ke negeri yang jumlah penduduknya tak terlalu banyak itu di hari kerja, maka jangan salah jika yang akan terlihat adalah orang-orang yang berjalan cepat menuju transportasi masing-masing. Mereka tak akan berjalan santai karena datang terlambat adalah hal sangat dihindari orang Jepang.

Budaya workaholic itu bisa dilihat pada banyak drama Jepang atau film kartun. Jika Anda pernah menonton film kartun Crayon Sinchan, pasti tak asing lagi dengan tokoh Papa yang selalu berangkat pagi dan berdesak-desakan dengan pekerja lain di kereta untuk menuju kantor.

Baca Selengkapnya ...

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index