KPU Pekanbaru Buka Pencalonan Caleg Hanya 14 Hari

KPU Pekanbaru Buka Pencalonan Caleg Hanya 14 Hari
Logo KPU. FOTO: doc

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ketua Pokja ketetapan Dapil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru, Abdul Wahid mengungkapkan mulai Selasa (9/4/2013), KPU Pekanbaru membuka pendaftaran Calon Legislasi (Caleg) yang akan maju di tahun 2014. Pendaftaran caleg akan berakhir pada Senin (22/4) mendatang.

"Kita buka pendaftaran caleg selama 14 hari, yang akan dibuka mulai Selasa ini, dan berakhir Senin setelah dua pekan berlangsung. Pendaftaran caleg dilakukan serentak oleh KPU. Saat ini KPU Pekanbaru tengah siapkan petugas sebanyak 12 orang untuk mengawal pendaftaran caleg, yang nantinya satu orang memegang satu partai," kata Wahid saat dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (4/4/2013).

Pendaftara caleg yang akan maju di 2014, cukup dilakukan oleh Ketua Partai atau penghubung petunjuk saja. "Tak perlu mendaftarkan diri ke kantor KPU Pekanbaru, langsung yang mendaftarkan itu adalah ketua atau penghubungnya dari setiap partai," kata Wahid.

Setelah pendaftaran celeg dilakukan, Wahid juga menyebutkan akan dilakukan verifikasi caleg sesuai syarat yang ditentukan KPU Pekanbaru yang mengacu pada syarat PKPU nomor 7 tahun 2013 tentang tata cara pendaftaran calon.

"Verifikasi berkas caleg yang diajukan berlangsung selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 23 April sampai 7 Mei 2013," kata Wahid lagi.

Dalam pemilihan caleg 2014 mendatang, Wahid mengingatkan keterwakilan perempuan harus dipenuhi sebanyak 30 persen. Ketentuan dapil harus memiliki keterwakilan perempuan, yakni Dapil I, memiliki 9 kursi harus memiliki keterwakilan perempuan sebanyak 3 orang. Dapil II, memiliki 6 kursi harus memiliki keterwakilan perempuan sebanyak 2 orang. Dapil III memiliki 7 kursi harus memiliki keterwakilan perempuan sebanyak 3 orang. Dapil IV memiliki 11 kursi harus memiliki keterwakilan perempuan sebanyak 4 orang. Dapil V memiliki 12 kursi harus memiliki keterwakilan perempuan 4 orang.

"Caleg keterwakilan perempuan untuk Kota Pekanbaru yang berhak ikut caleg 2014 mendatang adalah 16 orang keterwakilan perempuan," sebutnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index