Edi Sabli: Media Massa Sangat Berpengaruh Saat Pemilu

Edi Sabli: Media Massa Sangat Berpengaruh Saat Pemilu
Ketua KPU Provinsi Riau, Tengku Edi Sabli. Foto: int

PEKANBARU (RA) - Peran media massa dalam pemberitaan memang sangat berpengaruh bagi masyarakat, termasuk pemberitaan berbagai media mengenai perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dan Pemilihan Umum (Pemilu). Pemberitaan mengenai pemilihan Gubernur Riau saat ini menjadi perbincangan bagi masyarakat.

"Ini merupakan suatu strategi dari kita untuk meningkatkan partisipasi pemilukada dan pemilu 2014, dalam hal ini kita mohon kerjasamanya dengan media massa," kata Ketua Ketua Pemilihan Umum Provinsi Riau Ir H T Edy Sabli MSi ketika ditemui wartawan, Rabu (27/03/2013).

Dikatakan Edy, media massa merupakan pilar demokrasi yang sangat berperan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. "Dengan adanya pemberitaan di media massa ini mampu mendongkrak angka tingkat partisipasi pemilih baik dalam pemilihan gubernur maupun pemilihan legislatif tahun 2014 nanti."

Edy mengatakan bahwa figur calon gubernur dan wakil gubernur yang akan muncul sangat berpengaruh bagi partisipasi masyarakat dalam melakukan hak pilihnya. "Namun tentu saja kita harapkan kepada partai politik yang mengusung calon gubernur tersebut bisa meningkatkan partisipasi untuk calon yang mereka usung," harapnnya.

Pemberitaan media mengenai pemilu mendapat tanggapan dari warga. "Media menurut saya memang sangat berpengaruh bagi saya selaku masyarakat yang ingin mengetahui secara langsung bagaimana kondisi politik saat ini, apalagi mengenai pemilukada yang akan kita hadapi," kata Tamrin seorang pegawai swasta di Pekanbaru ketika diwawancarai reporter RiauAktual.com.

Tamrin berpendapat bahwa media seharusnya independent dalam pemberitaan mengenai perhelatan pilgubri mendatang. "Kita harapkan pemberitaan media harus seimbang mengenai pemilu yang bersama-sama akan kita hadapi nanti."

Laporan: M Iqbal
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index