Tak Biasa, Buaya dan Hiu Macan Kompak Makan Seekor Paus di Laut

Tak Biasa, Buaya dan Hiu Macan Kompak Makan Seekor Paus di Laut
Foto: Caters News Agency

Riauaktual.com - Sebuah kejadian langka saat seekor buaya air asin dan hiu harimau sedang menyantap bangkai ikan paus tertangkap kamera di Laut Australia. Rekaman yang diambil dengan menggunakan drone oleh Jeremy Tucker itu memperlihatkan kedua hewan buas tersebut terus menggigit sirip, buntut, dan tubuh ikan paus mati di perairan yang berjarak setidaknya tujuh hari perjalanan dari Pantai Kimberley. Kedua predator itu juga tampak tidak keberatan jika spesies lain ikut makan bersama mereka.

Tucker yang berusia 55 tahun mengatakan, ini adalah kali kedua dia menemukan perilaku tak biasa dari binatang-binatang itu dalam 30 tahun terakhir. Pemilik dan kapten dari perusahaan pelayaran Great Escape tersebut menjelaskan, awalnya dia berencana pergi ke Sungai Prince Regent ketika melihat bangkai paus bungkuk yang mengambang terbalik tanpa diketahui penyebab kematiannya.

"Paus itu seperti baru mati beberapa saat, karena ketika baunya terbawa angin, baunya cukup mengejutkan," jelas Tucker yang merekam kejadian itu pada September lalu.

Saat mencoba bergerak lebih dekat untuk memastikan, Tucker melihat hiu harimau dan buaya air asin. "Saya lalu menerbangkan drone dan mengambil sejumlah foto dan video. Daerahnya berada 12 meter di perairan pasang, jadi ada banyak buaya dan hiu macan di sana," tambahnya. Dia mengatakan, paus tersebut  terdampar ke terumbu Montgomery dan dimakan oleh  sejumlah buaya.

"Dalam 30 tahun, saya pernah melihat sekali. Saat itu ada buaya berjemur di atas paus mati sementara hiu harimau sedang memakannya pada saat bersamaan. Tetapi, saat itu pesawat tak berawak belum ada," ujarnya sebagaimana dilansir Mirror, Kamis (30/11/2017).

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index