Facebook Bersiap Lepas Teknologi Deteksi Bunuh Diri

Facebook Bersiap Lepas Teknologi Deteksi Bunuh Diri

Riauaktual.com - Setelah melewati masa ujicoba, Facebook akan mulai menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI) untuk mengidentifikasi pengguna media sosial itu yang memiliki tanda-tanda kecenderungan untuk bunuh diri.

Facebook mulai menguji perangkat lunak tersebut di Amerika pada Maret 2017, ketika perusahaan itu mulai mengamati ungkapan-ungkapan dalam unggahan dan komentar di Facebook, yang mungkin tanda-tanda akan bunuh diri.

Guy Rosen, Wakil Presiden Facebook untuk manajemen produk, mengatakan perusahaan itu mulai memperkenalkan perangkat lunak ini keluar Amerika karena keberhasilan uji coba. Dalam sebulan terakhir, kata dia, tim tanggap darurat memeriksa pengguna lebih dari 100 kali, setelah perangkat lunak Facebook mendeteksi niat bunuh diri.

Facebook mengatakan sedang mencoba memiliki karyawan khusus yang siaga kapan saja untuk menelpon pihak berwenang dengan menggunakan bahasa setempat.

“Kecepatan sangat penting. Kita harus mendapatkan bantuan untuk orang-orang di waktu yang sama,” kata Rosen seperti dilansir dari The Sun

Sayangnya Rosen tidak mengatakan Facebook akan meluncurkan perangkat lunak itu di negara mana saja. Namun dia mengatakan perangkat lunak ini akan digunakan di seluruh dunia kecuali di Uni Eropa karena masalah sensitif yang dia tidak bersedia untuk mendiskusikan. 

Seperti dilansir dari Dailystar, Sistem ini dirancang untuk mendeteksi status terbaru dan ulasan-ulasan berikutnya yang menunjukkan seseorang itu dalam bahaya.

Perhitungan algoritma sistem itu secara serta merta akan mengirimkan laporan kepada individu yang memberikan ulasan terakhir sehingga dia dapat menghubungi pengguna Facebook itu dan menyarankan jika bantuan harus diberikan.

Saat ini, Facebook tergantung pada sistem laporan kendali manusia berhubung kasus-kasus yang memiliki kecenderungan bunuh diri melalui metode teman pengguna akan menekan tombol untuk menginformasikan perusahaan itu tentang kejadian tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index