Diselidiki Terkait Kasus Korupsi, Jenderal China Bunuh Diri

Diselidiki Terkait Kasus Korupsi, Jenderal China Bunuh Diri
Zhang bunuh diri pada akhir pekan lalu, setelah KPK China menyelidiknya. Foto/Reuters

Riauaktual.com - Seorang perwira militer China,  Zhang Yang dilaporkan melakukan aksi bunuh di kediamannya. Zhang bunuh diri pada akhir pekan lalu, setelah komisi penyelidikan korupsi China melakukan penyelidikan terhadapnya.

Zhang merupakan Direktur Komisi Pusat Militer China. Ia diselidiki mengenai hubungan dengan dua mantan perwira militer senior yang melakukan korupsi. Zhang diduga kuat melakukan praktek suap dan penyalahgunaan jabatan.

Menurut surat kabat People's Liberation Army Daily, media resmi militer China, tindakan Zhang dianggap sebagai aksi melarikan diri dari pemeriksaan. Surat kabar itu menyebut Zhang sebagai seorang pengecur yang lari dari tanggung jawab dengan cara bunuh diri.

"Jendral yang memilki keududukan cukup tinggi telah mengakhiri hidupnya dengan cara tercela ini," bunyi laporan surat kabar itu, dan menyebut Zhang sebagai orang berwajah dua yang meneriakkan kesetiaan dari mulutnya, namun melakukan korupsi di belakang punggungnya.

"Tentara memegang laras senapan, kita tidak bisa membiarkan unsur-unsur korup untuk bersembunyi di baliknya," sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa (28/11).

Zhang dikaitkan dengan Guo Boxiong dan Xu Caihou, pejabat tinggi militer yang dikeluarkan secara tidak hormat oleh Partai Komunis China (PKC).

Guo, yang merupakan wakil Zhang, menjadi pejabat paling senior untuk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang terbukti melakukan korupsi, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 2016. Xu, yang juga wakil Zhang, meninggal karena kanker pada tahun 2015 di tengah proses penyelidikan. (wan)

 

Sumber: sindonews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index