100 Bakal Caleg Partai Golkar Pekanbaru Diseleksi Tim Survey Independent

100 Bakal Caleg Partai Golkar Pekanbaru Diseleksi Tim Survey Independent
Wakil Ketua DPD Partai Golkar Pekanbaru, Roni Amriel

PEKANBARU (RA)- Sebanyak 100 bakal calon legislatif DPD Partai Golkar Pekanbaru 2014-2019 akan diseleksi oleh tim independent yang bekerjasama dengan Partai Golkar. Penyeleksian ini akan dilaksanakan dua pekan dan yang menjadi penilaian adalah ekstabilitas dan popularitas 100 fungsinaris DPD PG tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Pekanbaru, Roni Amriel saat ditemui reporter RiauAktual.com di ruang kerjanya, Selasa (26/02/2013). Menurut Roni yang juga anggota DPRD Pekanbaru ini, tim survey yang akan turun melakukan penyeleksian dimulai pada pekan depan, baik dari Dapil 1 hingga Dapil 5, dengan demikian keberadaan funsionaris di tengah-tengah masyarakat akan jelas karena Partai Golkar ingin kembali besar.

"DPD Partai Golkar Pekanbaru sudah mulai melakukan tahapan sesuai jadwal yang ada di KPU Kota Pekanbaru. Mekanisme yang dilalui yakni bagi yang ikut caleg harus lulus fungsionalis dan diserfitikasi. Kalau tak sempat di Kota Pekanbaru, bisa dimana saja di sluruh Indonesia. Ini sudah selesai semuanya dilakukan dan kita telah menjaring 100 orang fungsionaris, kemarin yang sudah mengembalikan formulir telah kita kumpulkan dan memberikan arahan. Hari ini kita evaluasi nama Baleg yang mengembalikan formulir dan dalam minggu ini kita sampaikan kepada tim survery independent," ungkap Roni.

Dalam pencalonan tersebut, untuk tahun ini DPD PG memang hanya mendudukkan fungsionaris saja, sementara dari kalangan umum tidak ada. Hal ini disebabkan kader yang fungsionaris sudah terlalu banyak dan PG tak bisa sembarangan mendudukkan anggota yang bukan terlibat dalam kepengurusan.

"Kita memang prioritaskan yang funsionaris, karena tim survey nantinya akan melihat ekstabilitas dan popularitas kader, tim akan bekerja selama dua minggu untuk mengumpulkan data.
Tim akan memilah mana kuota perempuan yang akan disesuaikan. Karena Golkar memprioritaskan populeritas dan ekstabilitas kader serta ekonomi yang mapan," kata Roni lagi.

Disinggung mengenai target kursi di DPRD Pekanbaru, Roni mengatakan untuk priode ini Partai Golkar mengkonsep 15 kursi di DPRD. Hanya saja, dengan telah banyaknya partai yang ada, maka PG hanya menargetkan 20 persen saja dari 45 kursi yang ada di DPRD Pekanbaru. Saat ini Golkar memiliki 9 kursi. "Kursi akan bertambah kita realistis saja meski kita sudah mengkonsep 15 itu, dengan target 20 persen dirasa sudah baik. Kita juga memberikan 30 persen untuk kader perempuan dan itu sudah dilakukan dari dulu, sebab kader Golkar yang perempuan memang banyak, itu yang akan kita seleksi nantinya," pungkasnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index