Seleksi Calon PPK Pemilu 2014 Inhu Sudah Digelar

Seleksi Calon PPK Pemilu 2014 Inhu Sudah Digelar
Seleksi Calon PPK Kecamatan Lirik Inhu. FOTO: Undri

INHU (RA) - Seleksi wawancara calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan umum Cagubri Riau tahun 2013 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu sudah dimulai. Dari pantauan reporter RiauAktual.com kemarin, Kamis, seleksi calon PPK ini dilaksanakan di Kantor Camat Lirik dan dilanjutkan lagi ke Kantor Pasir Penyu.

Seperti yang dikatakan Ketua KPU Inhu Alfian Rahmat, untuk Kecamatan Lirik ada 7 orang pencalon dan hanya 5 yang akan diambil dari 7 tersebut. Untuk memilih 5 pencalon tersebut ada aspek-aspek penilain yang dilakukan, yang pertama kognitif tentang pengetahuan umum dan khusus tentang Pemilu.

"Tentang pelanggaran Pemilu (apeksi) kita tanyakan otomatis jawaban mereka akan mempunyai dasar hukum tersendiri dan psikometeor motoriknya diisi, kita lihat sikap, etika, latar belakang dan riwayat hidupnya, ini akan memberi nilai tambah untuk menjadi anggota PPK," kata Alfian.

Pengumuman dari hasil wawancara ini tanggal 28 Februari 2013 dan dilantik awal Maret, karena di Maret mereka sudah punya tugas masing-masing yang pertama mereka nanti bersama PPS sudah mulai mencermati daftar pemilih sementara.

"Pengumuman tersebut kami umumkan melalui mading di kecamatan, sms dan juga diumumkan melalui facebook. Syarat untuk pencalonan PPK sebetulnya banyak, salah satunya yaitu WNI, usia minimal 25 tahun, tingkat pendidikan minimal SLTA dan bertempat tinggal di wilayah kerjanya," katanya lagi.

Alfian berharap, dengan wawancara yang dilakukan kepada calon PPK ini, agar calon PPK bisa berusaha semaksimal mungkin dan se objektif mungkin dangan mempertimbangkan komposisi dari ke 5 orang ini saling menunjang. "Misalnya kita yakin smua orang tidak sempurna dan tidak mempunyai kemampuan secara menyeluruh, ada mungkin orang yamg mempunyai kemampuan teknisnya atau komputernya kuat, ada juga orang yang mungkin ketokohannya kuat dan orang seperti inilah yang dipertimbangkan untuk menguatkan PPK," pungkasnya.

Laporan: Undri, Inhu
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index