Relawan PMI Dilatih Tanggap Bencana Kebakaran Pekanbaru

Relawan  PMI Dilatih Tanggap Bencana Kebakaran Pekanbaru
(int)

PEKANBARU (RA)- Untuk mempersiapkan para keder Palam Merah Indonesia (PMI) di Provinsi Riau, PMI Riau  telah menggelar pelatihan Pengurangan resiko bencana kebakaran. Tujuannya melatih masyarakat, relawan PMI siap siaga untuk mengurangi resiko kebakaran di masyarakat yang di ikuti oleh 30 orang peserta.       

"Mereka berasal dari unsur masyarakat dan relawan, se Kabupaten/kota di Riau," ungkap Deden Eka Prihatin Budiman Kasubdit Penanggulangan Bencana Markas PMI Riau selasa (19/6).      

Menurutnya lagi, pelatihan ini adalah upaya penanganan pencegahan untuk terjadinya kebakaran di lingkungan masyarakat .baik kebakaran Hutan maupun kebakaran pemukiman.      

"ini tindakan prefentiv yang akan dilakukan masyarakat agar sebelum terjadi bencana kebakaran, mereka lebih siap dan tahu untuk mencegah terjadinya kebakaran," urainya.      

Pelatihan yang di gelar 4 hari terhitung Selasa (17/6-20/6) diharapkan dapat menciptakan kader dilapangan yang siap dan siaga untuk mencegah kebakaran.      

"Dalam pelatihan ini selain pengenalan materi, para relawan juga di ajarkan kepalang merahan, management bencana, cara menganalisa kapasitas masyarakat,lingkungan yang rentan terhadap kebakaran. Diakhir materi relawan akan mendapatkan praktek bersosialisasi dengan masyarakat  terkait tanggap bencana kebakaran," tandasnya. (RA5)

Berita Lainnya

View All