Ada Pejabat Yang Jadi Beking

Duh !! Mutasi Pemko Pekanbaru Dianggap belum Bersih

Duh !! Mutasi Pemko Pekanbaru Dianggap belum Bersih

PEKANBARU (RA)- Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Kamaruzaman SH yang membidangi pemerintahan menyebut, dari mutasi serta rolling jabatan yang dilakukan Pemko Pekanbaru pada jum'at (15/6) yang lalu ternyata belum sepenuhnya bersih. Bahkan, menurut Sekertaris Fraksi Demokrat ini, masih ada wajah-wajah lama yang jelas selama ini kinerjanya buruk tapi tetap dipertahankan.

"Kita sangat menyayangkan mutasi dan rolling yang dilakukan beberapa hari lalu belum secara baik. Artinya, masih saya lihat orang-orang yang selama ini kinerjanya tidak baik, tapi tetap dipertahankan. Ini tentunya ada sekelompok di dalam pemerintahan ini membeking pejabat yang tak berkualitas ini tetap duduk memegang jabatan yang strategis," keluh Kamaruzaman ketika dikonfirmasi.

Menurut pengamatan Kamaruzaman, selama ini yang bermain di pemerintahan tersebut kebanyakan dari eselon III dan IV. Sehingga, dalam pembersihan terhadap pejabat yang memegang jabatan pada Kepala Bidang (Kabid), Kepala Bagian (Kabag), Kasubag, serta sekretaris pada dinas perlu dilakukan secara objektif tanpa perlu lagi menimbang adanya kedekatan tertentu dengan pejabat yang bersangkutan.

"Kalau perlu, Walikota merekrut pejabat yang berprestasi yang ada di luar kota Pekanbaru, misalnya dari kabupaten kota lainnya, sehingga dalam posisi jabatan eselon III dan IV yang ada di Pemko Pekanbaru ini benar-benar orang yang baru yang memiliki semangat baru. Sebab, visi misi Walikota yang terlihat sederhana ini sebetulnya sangat berat dan sulit, memerlukan Satket-Satker yang benar-benar mampu bekerja sesuai dalam Tupoksinya masing-masing," katanya.

Hasil dari mutasi yang dilakukan tersebut, menurut Kamaruzaman bukan kehendak dari Walikota Pekanbaru, Firdaus MT. Sebab, dari pengamatannya terhadap wajah-wajah pejabat yang dimutasi dan dirolling jabatan, masih wajah lama yang telah terbukti tidak maksimal dalam melakukan pembangunan dalam kota ini. Bahkan, ada beberapa bidang seperti Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Pendapatan, Badan Perizinan, yang selama ini memang memalukan, tapi tetap dipertahankan.

"Ini yang sangat kita sayangkan, Walikota kita ini terlalu santun, sehingga kesantunannya itu digunakan sekelompok orang untuk hal-hal yang tidak sepantasnya dilakukan. Kita tidak mempermasalahkan kalau pejabat yang dipertahankan itu pejabat berprestasi, ini kita lihat, pejabat itu jelas-jelas tidak baik kinerjanya, tapi tetap dipertahankan. Saya himbau agar Walikota dan Wakil Walikota dalam menyusun kabinetnya ini dapat satu pandangan, guna menciptakan Satker yang profesional untuk mewujudkan visi misi Kota Pekanbaru ini," pungkasnya. (RA1) 

Berita Lainnya

View All