Lukman Edi Belanja Ikan di Pasar Senapelan

Lukman Edi Belanja Ikan di Pasar Senapelan
Balon Gubri Lukman Edi saat mengunjungi Pasar Sena

PEKANBARU (RA) - Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau Lukman Edi (LE) mengunjungi Pasar Senapelan tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB Rabu (26/12/2012). Kedatangan Bakal Calon (Balon) yang akrap disapa LE ini membuat sejumlah pedagang di pasar kaget sekaligus gembira menyambut kedatangan mantan Mentri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut, karena selain untuk bersilaturahmi dengan pedagang, LE juga berbelanja ikan pagi itu bersama ibu-ibu lainnya.

Kedatangan LE bersama sejumlah kerabatnya tetap santai menyambangi kios-kios yang menjual berbagai komoditi, seperti ikan, sayuran, buah-buahan dan sejumlah barang yang ada di pasar tersebut. Kehadiran LE itu juga bertujuan mendengarkan sejauh mana keluh kesah dari para pedagang di pasar yang terletak di Jalan A Yani Pekanbaru tersebut. Bukan hanya berkunjung, LE juga menyempatkan diri untuk sarapan pagi bersama rombongan, para pedagang dan sejumlah awak media di pasar tersebut.

Di sela kunjungan, LE sempat berdialog dengan beberapa pedagang. Selain untuk menerima aspirasi dari pedagang, kunjungan LE itu juga menanyakan seberapa jauh kenaikan harga kebutuhan pokok saat ini. Dalam dialognya LE berharap kepada pemerintah agar dapat memperhatikan kondisi para pedagang, karena dari keluhan pedagang yang diterima, salah satunya persoalan sewa kios yang tinggi dan tidak sebanding dengan omset yang diterima.

Seperti pengakuan salah seorang pedagang kelontongan Ros (50), ia mengaku dengan keberadaan pedagang yang kurang tertata mengakibatkan para pembeli kurang meminati dagangan di dalam pasar tersebut. Sehingga omset penjualan sering menurun dan tidak sebanding dengan sewa kios pertahunnya.

"Kami sering kewalahan antara omset dengan sewa kios, Rp15 juta pertahun itu terkadang tidak sebanding dengan omset penjulan. Untuk itu kami berharap agar Pemerintah dapat mengatur dan menata pasar ini agar dapat menurunkan harga sewa kios. Karena sewa yang cukup tinggi, membuat kami harus berjuang untuk memenuhi sewa lapak yang kami miliki ini," ujarnya.

Dari kunjungan Bakal Calon (Balon) gubernur tersebut, pedagang berharap agar aspirasi mereka dapat disampiakan kepada Pemerintah. Sementara itu, menanggapi masalah ini, LE mengatakan jika sejauh ini pedagang hanya dapat memecahkan persoalan mereka sendiri dan minim perhatian dari Pemerintah. Sehingga sejauh ini ketika mendengarkan aspirasi para pedagang itu diharap pemerintah juga hendaknya dapat mencarikan solusi agar pedagang nyaman dalam mencari keuntungan sehingga mereka dapat memecahkan persolan yang dihadapi saat ini.

"Dengan keluhan itu jelas peran pemerintah minim sekali, untuk itu kita berharap pemerintah memperhatiakan. Jika kita terpilih nanti jelas ini salah satu program kita dalam memajukan pedagang nantinya. Selain itu persoalan pedagang ini seharusnya dapat diselesaikan dan menjadi perhatian pemerintah kedepannya. Sehingga pedagang dapat mengatasi persoalan itu secara bersama-sama," paparnya.

Sementara itu menanggapi kunjungan Bakal Calon (Balon) Gubernur dari PKB ini, Ketua Ikatan Sosial Pedagang Pasar Ikan Senapelan (ISPPS) Zaidir Albaiza SH kepada wartawan mengatakan, dengan kunjungan Bakal Calon (Balon) gubernur ini tentunya para pedagang merasa disanjung, karena sejauh ini belum pernah ada Bakal Calon (Balon) yang mengunjunggi pasar khususnya pasar ikan di pasar Senapelan. Untuk itu dengan sejumlah keluhan itu diharapkan kepada Bakal Calon (Balon) ini jika duduk nanti tentunya tumpuan harapan itu dapat disandarkan kepada Lukman Edi.

"Sebagai ketua ISPPAS saya merasa sangat tersanjung dengan kehadiran salah seorang Bakal Calon (Balon) Gubernur. Sesuai dengan janjinya LE ini agar dapat menuntaskan persoalan pedagang di pasar ikan ini, dan kita yakin jika LE duduk nantinya dapat menampung aspirasi dari para pedagang yang ada di Pasar Senapelan ini tentunya," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index