Hatta Buka Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera

Hatta Buka Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera
Hatta Buka Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera.

MEDAN (RA) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa secara resmi membuka Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera 2012, Rabu (19/12/2012) pagi. Hatta didampingi 10 pejabat yang berasal dari lintas kementerian hadir untuk dapat menguatkan kordinasi dalam rangka mempercepat proses pembangunan ekonomi dan sosial di kawasan Sumatera.

Dalam sambutannya, Hatta mengatakan, kerjasama antara wilayah di Indonesia, khususnya dalam region kepulauan menjadi sangat penting untuk memperkuat perekonomian, ditengah situasi perekonomian global yang belum kunjung membaik.

Penguatan hubungan kerjasama antar pemerintah daerah khususnya di bidang infrastruktur akan membuat produksi menjadi lebih efektif untuk terus menjaga ketahanan ekonomi nasional yang masih di sokong oleh sektor konsumsi.

"Kita sekarang dihadapkan pada isu ekonomi nasional dan internasional, yang dapat mengancam pertumbuhan ekonomi kita. Di luar negeri, kita terus berupaya meningkatkan peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi regional ASEAN maupun Asia Pasifik. Sementara di dalam negeri, kita butuh peran saudara-saudara," kata Hatta, Rabu (19/12/2012).

Di samping isu perekonomian dan infrastruktur, pertemuan Gubernur se-Sumatera ini juga akan membicarakan isu strategis lainnya, yang juga penting untuk pembangunan wilayah Sumatera.

Antara lain, persoalan batas wilayah propinsi, tata ruang regional, penanggulangan kebakaran dan perdagangan manusia. Kerjasama regional Sumatera juga akan diarahkan dengan pembentukan Sumatera Commision Center, yang antara lain mengoptimalkan moda konektivitas melalui jalur udara, darat, dan laut yang terintegrasi. (okz/ra)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index