2013 Tol Padang-Pekanbaru Akan di Realisasikan

2013 Tol Padang-Pekanbaru Akan di Realisasikan
(Ilustrasi int)

NASIONAL (RA)- Pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Padang tampaknya akan segera terealisasi pada tahun 2013. Hal tersebut disampaikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa usai meresmikan Rajawali Sar Nusantara di Padang, Ahad (11/11)

Hatta berangkapan pembangunan jalan tol untuk beberapa wilayah di Sumatra salah satunya Padang-Pekanbaru guna mendukung Sumatera Barat sebagai salah satu prioritas dalam konteks Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Kita harapkan BUMN kita mempersiapkan diri. Pembangunan tersebut kita laksanakan pada tahun 2013 nantinya yang mana tentunya Pemda setempat bisa mengawal lahan yang sudah ada. Biasanya hambatan kita di pembebasan lahan," ucap Hatta

Hatta juga menyebut, pembangunan tol Padang-Pekanbaru akan ditangani oleh BUMN, dan MP3EI akan mendukung pembangunan ini. Termasuk juga merevitalisasi trans-Sumatera dan jalan kereta api, sehingga pembangunan Sumatera Barat berkembang.

"Tentunya rencana-rencana tersebut akan dibangun bertahap, antara pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, trans-Sumatera dan kereta api. Yang mana pembiayaannya di upayakan tidak lagi melalui APBN melainkan melalui BUMN. Pasalnya, jika BUMN yang mendanai prosesnya lebih cepat," terangnya

Hatta menambahkan, saat itu pemerintah untuk melakukan pembangunan, tak lagi pendanaannya lewat utang atau pinjaman luar negeri, kecuali ada hal-hal yang sangat vital dan diperlukan. Kalaupun benar itu jelas harus, ada komitmennya.

"Komit kita seperti itu. Semua berguna agar kita tidak lagi menambah hutang negara," pungkasnya.(RA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index