Ekspor Tuna dan Cakalang Bali Melonjak

Ekspor Tuna dan Cakalang Bali Melonjak
ikan tuna

EKONOMI (RA) - Ekspor ikan tuna, tongkol dan cakalang (TTC) Bali melonjak tinggi setelah sempat turun ke titik terendah pada tahun sebelumnya. Ekspor TTC kini menyentuh angka hingga 3.773 ton.

Berdasarkan data BPS yang diolah oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, pengapalan TTC) selama Januari-Agustus 2015 hanya 2.366 ton, jatuh 62,7% dari realisasi periode sama tahun sebelumnya.

Menurutnya capaian ekspor TTC dari Bali pada tahun lalu disebabkan adanya larangan dari pemerintah alih muatan di tengah laut (transhipment) dan operasi kapal buatan luar negeri (eks asing).

Pelonjakan ini juga otomatis diikuti dengan nilai ekspor TTC Pulau Dewata yang mencapai USD 20,1 juta dibandingkan tahun lalu yang hanya USD 14,4 juta.

Kendati demikian, kinerja nilai ekspor TTC tahun ini belum kembali seperti 2014 dan tahun-tahun sebelumnya. Selama Januari-Agustus 2014, nilai ekspor TTC US$33,5 juta.

Seperti diketahui TTC merupakan penyumbang terbesar ekspor perikanan di Bali. Jumlah yang disumbang oleh ketiga jenis ikan itu mencapai 50 persen.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index