Dewan Katakan Pemko Pekanbaru Belum Serius Atasi Banjir

Dewan Katakan Pemko Pekanbaru Belum Serius Atasi Banjir
Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel SH

PEKANBARU (RA) - Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel SH, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum serius dan sungguh-sungguh dalam membuat penataan drainase untuk mengatasi pemasalahan banjir di Kota Pekanbaru.

"Kita menilai Pemko belum serius dalam membuat penataan dreainase untuk mengatasi banjir. Bisa kita lihat saat terjadi hujan dengan intensitas lebat, hujan yang hanya beberapa jam saja, bisa mengakibatkan ruas jalan-jalan yang ada di Pekanbaru selalu mengalami kebanjiran," ucap Roni Amriel, Rabu (30/11).

Politisi Golkar ini juga menyatakan bahwa masalah banjir merupakan suatu problem yang bukan segampang membalikkan telapak tangan, perlu adanya konsentrasi khusus, memiliki anggaran yang jelas, dan sumber daya manusia (SDM) yang baik dengan cara mendata dan memaiting dengan cara sungguh-sunguh serta terus-menerus.

"Sepanjang dinas terkait tidak memiliki data tersebut, banjir yang selalu melanda Pekanbaru tidak akan pernah terselesaikan. Karena ini dilakukan sepotong-sepotong seharusnya ini dilakukan secara maiting, evaluasi, memiliki data bes, dan melakukan penataan terhadap drainase yang ada di Pekanbaru baik itu yang menjadi tanggungjawab nasional, provinsi, dan Pemko sendiri," tuturnya.

Lebih jauh, Politisi Golkar ini mempertanyakan apakah Pemko Pekanbaru mengetahui dan memiliki data berapa panjang dan lebar terhadap drainase premier, sekunder, dan tersier serta drainase-drainase yang ada di perumahan dan pemukiman yang ada di Kota Pekanbaru saat ini?.

"Kami pertanyakan apakah dinas terkait memiliki data-data tersebut?, Dengan adanya data yang jelas, Pemko dapat merumuskan metoda-metoda apa yang akan dilakukan agar nantinya titik-titik banjir dapat diatasi. Kalaupun ada, kenapa sampai saat ini tidak ada pembenahan, ini yang menjadi perhatian serius dari kita," tandasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index