Barang RRC akan Semakin Penuhi Pasar Indonesia

Barang RRC akan Semakin Penuhi Pasar Indonesia
rrc

EKONOMI (RA) -  Kebijakan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump yang akan memutuskan keluar dari Trans Pasifik Partnership akan berdampak ke Indonesia, karena negara-negara yang barangnya ditolak oleh Amerika akan beralih ke negara lain termasuk Indonesia

Hal itu wajar mengingat Indonesia memiliki pangsa pasar yang cukup besar untuk produk impor. Salah satunya, produk impor dari RRC. Negeri Tirai Bambu itu tentu akan mencari pasar baru karena produk mereka di bawah Trump akan dikenakan bea masuk yang cukup tinggi.

"Pemerintah harus terus mencegah serangan produk impor ilegal. Jika tidak dicegah maka sektor manufaktur akan mati," kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Suryadi Sasmita, seperti dikutip dari rimanews.

Selain mencegah serangan produk impor, pemerintah juga diharapkan bisa memberikan border bagi produk unggulan di dalam negeri.

Amerika  mengeluarkan kebijakan baru untuk menetapkan bea masuk tinggi terhadap produk-produk impor terutama dari China dan Meksiko. Bagi Trump, produk kedua negara tersebut sudah terlalu banyak membanjiri pasar Amerika.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index