7 Tips Mencapai Kesuksesan Finansial

7 Tips Mencapai Kesuksesan Finansial
(Ilustrasi int)

7 Tips Mencapai Kesuksesan Finansial

Mengatur keuangan ibarat menjalani lika-liku kehidupan. Serba tak pasti, serba penuh tantangan. Hanya bagi yang siap dan penuh perencanaan, maka urusan finansial akan benar-benar membuat hidup lebih nyaman.

Bagaimana kiat mengaturnya? Berikut 7 kiat yang bisa kita jalankan:

1. Buat bujet keuangan dan patuhilah. 

Sudah sewajarnya setiap orang membuat bujet keuangan setiap awal bulan. Malah ada yang membuat bujet atau anggaran di awal tahun. Namun, kenyataannya, bujet itu kadang hanya sekadar barisan angka yang tersusun rapi. Pelaksanaannya sering kali melenceng jauh dari anggaran keuangan yang sudah disusun.

Karena itu, langkah kedua yang terpenting adalah mendisiplinkan diri terhadap bujet keuangan. Cobalah mengikuti daftar pengeluaran yang telah kita buat, termasuk dalam hal menabung. Intinya hanya satu, menahan diri terhadap semua godaan berbelanja barang-barang yang tak penting. Belilah segala sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

2. Milikilah asuransi
 

Salah satu upaya merencanakan finansial yang cukup mudah sebenarnya adalah dengan mengikuti asuransi. Dengan mengikuti asuransi, kita bisa mendapatkan jaminan sesuai dengan premi yang kita bayarkan tanpa perlu memusingkan bagaimana mengatur keuangan saat terjadi masalah atau musibah. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu, kita sudah memiliki "cadangan" finansial yang akan memberikan keuntungan.

3. Gunakanlah gaji (pendapatan) sesuai dengan kebutuhan

Waspadailah selalu pepatah: besar pasak daripada tiang. Atau, besar pengeluaran daripada pendapatan. Karena itu, gunakanlah secara bijaksana pendapatan yang kita terima. Perhitungkan dengan matang setiap uang yang keluar sesuai dengan bujet yang telah kita anggarkan seperti yang telah dicanangkan pada poin nomor satu.

4. Disiplin menabung.

Terkadang banyak orang memiliki sistem menabung yang salah. Setelah membayar semua kebutuhan dan terdapat sisa dana, barulah mereka menabung. Padahal, yang paling tepat adalah menabunglah dahulu, baru melakukan pengeluaran.

Paling tidak Anda harus menyisihkan dana sebesar 10% dari pendapatan rutin. Dengan tabungan ini, kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Nilai uang yang terus meningkat dan berbagai fasilitas lain yang kerap ditawarkan oleh perbankan bisa menjadi solusi investasi yang menguntungkan.

5. Berinvestasi.

Tidak semua orang melek investasi. Dalam artian, mengerti apa itu investasi, tapi tidak tahu caranya. Bila kita ingin mencapai kesuksesan dalam bidang finansial, investasi adalah hal yang mutlak dilakukan. Bertanyalah kepada orang yang benar-benar mengerti tentang investasi, seperti perencana keuangan. Dari situ, kita akan mengetahui sarana investasi apa yang paling tepat dengan profil dan kondisi finansial.

6. Siapkan dana pensiun.
 

Bila perusahaan tempat kita bekerja memberikan fasilitas simpanan pensiun, itu adalah hal yang sangat baik. Namun bila tidak, kita bisa menyiapkannya sendiri. Memiliki rencana jangka panjang keuangan jauh ke depan adalah hal yang harus menjadi prioritas saat ini.

Dana pensiun merupakan pegangan utama bila suatu saat nanti kita sudah memasuki usia pensiun dan tidak bekerja lagi. Beberapa produk asuransi dan perbankan banyak yang menawarkan program investasi untuk perencanaan pensiun.

7. Bereskan tagihan kartu kredit. 

Kartu plastik kecil ini memang memudahkan, namun bila tak waspada, justru mendatangkan kesulitan. Harus diingat, semakin sering kita menggeseknya, semakin besar pula tagihan yang harus dibayar. Untuk itu, perlakukan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai, bukan alat pembayaran.

Maksudnya, kita harus memiliki dana untuk mengganti transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit dan jangan menganggap kartu kredit sebagai uang tambahan. Plus, jangan lupa bayarlah tepat waktu sehingga kita terhindar dari "jebakan" utang bunga berbunga yang sering merepotkan.

Tentu, masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan manajemen finansial kita. Pastinya, semakin bijak dalam menggunakan pendapatan, semakin maksimal juga apa yang kita dapatkan dari uang yang dibelanjakan, dan bukannya kerepotan yang justru mengancam. Nah, sudah seberapa bijak manajemen finansial yang kita lakukan? Semoga tips ringan tadi bisa menjadi informasi yang membuat kita lebih mudah mengelola keuangan.(Cigna)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index