Saat Jokowi Pastikan Pasukan Elite TNI/Polri Loyal dan Siap Tempur

Saat Jokowi Pastikan Pasukan Elite TNI/Polri Loyal dan Siap Tempur
Jokowi dipanggul Brimob dan Marinir.
NASIONAL (RA) - Dua pekan terakhir, pasca aksi demo besar-besaran 4 November, Presiden Joko Widodo sibuk berkeliling ke sejumlah markas komando pasukan elite TNI dan Polri. Pada Senin (7/11), Jokowi memberikan arahan kepada 2.185 prajurit TNI AD di Mabes TNI AD, Jakarta. Tiga hari kemudian Jokowi kembali melakukan 'safari militer. Mantan wali kota Solo itu memberikan arahan kepada 1.217 prajurit komando pasukan khusus (Kopassus) di lapangan Upacara Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (10/11).
 
Sehari setelah itu tepatnya Jumat (11/11), Jokowi menyambangi markas komando Brimob di Jalan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Hari itu juga Jokowi mengunjungi markas Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan. Safari militer Jokowi berlanjut pada Selasa (15/11) dengan bertandang ke markas pasukan elite milik TNI AU Korps Paskhas di Bandung. Jokowi selalu menyalami langsung prajurit TNI/Polri.
 
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa safari militer Presiden Joko Widodo ke markas pasukan elite TNI jangan disalahartikan negara dalam kondisi darurat. Itu hanya sekadar inspeksi panglima tertinggi TNI mengecek pasukannya. Menurut Wapres, ketika situasi memanas harus disiapkan aparat keamanan dengan sangat bijaksana.
 
"Saya kira kekhawatiran tidak ada, beliau panglima tertinggi, itu menginspeksi pasukan, kesiapan pasukan ya tentu bahwa presiden ingin melihat itu," kata Wapres di Jakarta yang di kutip dari merdeka.com.
 
Yang menarik, setiap melakukan kunjungan ke markas pasukan elite TNI/Polri, Presiden Jokowi selalu membawa pesan dan instruksi yang sama. Kepala Negara mengingatkan soal loyalitas pasukan TNI dan Polri pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal lain tak kalah menarik, perintah Jokowi kepada seluruh prajurit TNI/Polri tak gentar menghadapi pelbagai macam potensi gangguan keamanan yang berpotensi memecah belah bangsa. Jokowi ingin memastikan seluruh prajuritnya siap tempur.
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index