BMKG Imbau Warga Bandung Waspadai Puting Beliung

BMKG Imbau Warga Bandung Waspadai Puting Beliung
Ilustrasi Angin Puting Beliung.
NASIONAL (RA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dan puting beliung selama beberapa hari ke depan. Curah hujan di Kota Kembang diprediksi masih tinggi.
 
"Saat ini sudah mulai masuk musim hujan dan Kota Bandung serta sekitarnya diprediksi akan terus diguyur hujan. Curah hujan diperkirakan turun dengan intensitas ringan sampai lebat," kata Prakirawan BMKG Iid Mujtahiddin ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (30/10).
 
Menurut dia, curah hujan berada di atas normal yang biasanya curah hujan normal 87 milimeter, namun belakangan mencapai hingga 200 milimeter. Walaupun belum memasuki puncak musim hujan tapi dirinya menyebutkan kondisi ini patut diwaspadai beberapa hari ke depan.
 
"Saat ini memang belum puncak masih ringan hingga sedang tapi juga lebat itu patut diwaspadai," ujarnya. Demikian dilansir dari Antara.
 
Menurut dia, warga juga diimbau untuk waspada terhadap potensi puting beliung karena biasanya puting beliung hadir saat peralihan musim.
 
"Untuk puting beliung juga ada potensinya itu karena memang dia kejadiannya di peralihan atau saat musim hujan. Sekarang masuk peralihan ke musim hujan kan," kata dia.
 
BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan antisipasi dini puting beliung seperti dengan mewaspadai awan cumolonimbus yang membentuk puting beliung pada siang atau sore hari.
 
"Kalau ada tanda-tanda puting beliung seperti itu maka saya menyarankan masyarakat untuk berlindung di tempat yang permanen untuk menghindari bahayanya. Selain itu, pemotongan pohon yang sekiranya rapuh juga menjadi salah satu antisipasi," kata dia. (merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index