Tutup Perkemahan Pramuka SMAN Plus

Rivai: Pendidikan Pramuka Proses Belajar Mandiri Kaum Muda

Rivai: Pendidikan Pramuka Proses Belajar Mandiri Kaum Muda
Kepala Sekolah SMAN Plus Riau H Rivai menyerahkan piala Bergilir kepada anggota Pramuka MTsN Andalan Pekanbaru, yang keluar sebagai juara umum untuk

PEKANBARU (RA) - Pendidikan kepramukaan merupakan proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya, meliputi aspek spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Sekolah Sekolah Menengah Atas Negwei (SMAN) plus Riau, Drs H A Rivai MPd, saat menutup kegiatan Perkemahan Pramuka SMA Plus Riau, Ahad (9/10), di SMA Plus Riau.

"Pendidikan kepramukaan adalah proses kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan," jelasnya.

Rivai menyebut, sistem kekeluargaan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur, dan terarah, dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, agar terbentuk kepribadian dan watak yang berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, serta memiliki kacakapan hidup.

Dia juga menyebut kalau pendidikan kepramukaan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi kaum muda agar menjadi warga negara yabg berkualitas, "serta mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik nasional maupun internasional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga diumumkan pemenang dari berbagai lomba dalam kegiatan pramuka yang dilaksanakan sejak Kamis 6 Oktober 2016 tersebut, yakni lomba kemah indah putra juara I diraih MTs Muttaqin Pekanbaru.

Berikutnya lomba kemah indag putri diraih MTs Muttaqin. Lomba Senam Pramuka diraih SMPN 1 Bagan Sinembah. Lomba hiking pramuka putra diraih MTsN Andalan Pekanbaru. Lomba hiking pramuka putri diraih MTsN Andalan Pekanbaru.

Lomba tekinik pramuka putra diraih MTsN Andalan Pekanbaru. Lomba teknik pramuka putri diraih SMPN 9 Tualang. Lomba pionering putra diraih SMPN Bagan Sinembah. Lomba pionering putri diraih MTs Muttaqin Pekanbaru. Dan lomba Cerdas Cermat diraih MTsN Andalan Pekanbaru.

"Hasil ini menempatkan MTsN Andalan Pekanbaru keluar sebagai juara umum, hasil ini mereka raih tiga kali berturut-turut, dengan demikian piala bergilir menjadi hak mereka. Untuk penyelenggaraan tahun depan, sesuai dengan janji dari Kwarda 04 Gerakan Pramuka Provinsi Riau, mereka yang akan menyiapkan piala bergilir,"ungkapnya mengakhiri. (nik)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index