Open Turnamen Gasing Kampung Rempak

Jamal : Permainan Gasing Harus Dilestarikan

Jamal : Permainan Gasing Harus Dilestarikan
Jamal: Permainan Gasing Harus Dilestarikan

SIAK (RA) - Pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya untuk membangkitkan kembali permainan tradisional. Salah satunya permainan Gasing yang merupakan budaya lama di negeri eks kerajaan tersebut. Agar tidak hilang ditelan zaman, permainan rakyat ini harus dilestari dan dipertahankan.

Hal ini disampaikan Asisten Administaris Umum, Drs H Jamaluddin MSi saat membuka open turnamen Gasing yang dilaksanakan di Kampung Kwalian, Kelurahan Kampung Rempak, akhir pekan kemarin.

"Permainan Gasing ini harus dapat kita pertahankan, apalagi Kabupaten Siak saat ini sebagai daerah destinasi wisata di Provinsi Riau. jadi,  keberadaan permainan tradisional ini akan mendukung promosi wisata yang ada di daerah kita. Kalau bukan kita yang melestarikan permainan tradisional ini, siapa lagi? Semoga upaya pengurus gasing untuk melestariannya berjalan dengan mulus serta diharapkan mendapat dukung dari semua pihak," ungkap Jamaluddin.

Sementara, Ketua Panitia H Arifin mengatakan, permainan tradisional ini diikuti sebanyak 12 tim. Yang mana tujuannya untuk memberikan nuansa baru bagi masyarakat Siak.

"Kegiatan ini kita suguhkan dengan permainan tradisi gasing. Dengan harapan semoga kedepan permainan gasing bisa terus lestari di Kabupaten Siak ini. Kami juga berencana untuk melanjutkan pertandingan gasing untuk anak-anak. Dengan demikian anak-anak kita pada sekarang ini akan selalu ingat dengan permainan rakyat yang telah ada sejak zaman dahulu," kata Arifin.

Meski permainan Gasing ini merupakan permainan lama, namun keberadaanya saat ini sudah dilupakan oleh masyarakat. "Inilah saatnya kita kembali mengangkat seni Budaya permainan gasing tersebut agar tidak terlupakan," harapnya.

Jamal juga mengatakan, Kabupaten Siak pernah mewakili Indonesia ketika mengikuti Turnamen Gasing di Malaysia. Untuk itu dirinya berharap agar Siak bisa melahirkan pemain gasing yang lebih banyak lagi.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Siak sangat memberikan Apresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus panitia Gasing yang telah berinisiatif dan bersusah payah untuk membuat turnamen permainan gasing ini," ucapnya.

Selain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi, juga merupakan seni budaya yang harus dipertahankan. "Bagi anak-anak, kami mengharapkan kiranya dapat belajar bermain gasing, karena ini merupakan seni serta keterampilan dari permainan gasing. Untuk itu, kiranya agar dapat mengembangkan permainan gasing ditempat masing masing, sehingga bisa kita ajarkan untuk anak-anak kita nantinya," tukasnya.

Dijelaskan, bahwa dengan banyaknya permainan gasing, maka nantinya juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya bagi pembuat gasing tersebut.

"Inilah yang kita harapkan kedepannya nanti. Dimana masyarakat akan bisa memanfaatkan peluang untuk menambah income keluarga dari menjual gasing. Pada bulan oktober besok, direncanakan akan dibuat pertandingan Open Turnamen Gasing Bupati Cup. Untuk itu bagi semua kalangan bisa di ikutkan, baik dari dalam maupun diluar daerah kita," imbaunya.

Diakhir sambutannya, dia mengajak kepada seluruh peserta untuk bertanding secara sportif. Dan kepada masyarakat dirinya mengimbau untuk meyaksikan pertandingan Open Turnamen Tradisional yang dilaksanakan oleh Keluraha Kampung Rempak.

Dalam pembukaan Pertandingan Turnamen Open Gasing tersebut juga di hadiri oleh Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan H Wan Ibrahim, Camat Siak Wan Syaiful Effendi, serta tokoh masyarakat. (jas)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index