Warga Rohul Resah Beruang Madu Berkeliaran di Pemukiman Warga

Warga Rohul Resah Beruang Madu Berkeliaran di Pemukiman Warga
ilustrasi

PASIRPANGARAIAN (RA) - Hingga kini sejumlah warga yang bermukim di kawasan Perumahan Jalan Bersatu Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah atau dibelakang pemancar TVRI Pasir Pangaraian dibuat was-was akibat keberadaan beruang madu yang setiap hari berkeluaran dekat pemukiman warga.

Bahkan, hewan liar tersebut sudah membuat sarang di Pohon Lengkeng persis di belakang rumah seorang warga, yang jaraknya sekitar 10 meter. Sejak diketahui adanya binatang buas yang melintasi jalan menuju pemukiman warga, kini warga mulai gelisah dan takut tinggal di rumah.

Diakui seorang warga, Zulkifli, Kamis (8/9) kemarin, warga di perumahan dekat kantor pemancar TVRI Pasir Pangaraian kini mulai ketakutan, karena seekor beruang madu hitam melintasi jalan perumahan. Apalagi, jalan itu satu-satunya jalan menuju ke kebun warga.

Seorang warga setempat lainnya, Ucok, juga pernah melihat dari jauh, beruang madu setinggi 90 sentimeter membuat sarang di Pohon Lengkeng berada di belakang rumah warga.

"Kini warga was-was dan takur keluar rumah, termasuk takut pergi ke kebun karet dan sawit yang harus melintasi perumahan. Warga mengaku takut, bila saja tiba-tiba beruang madu itu datang dan menyerang warga yang tengah berada di kebun," sebutnya.

Hewan buas tersebut biasanya masuk ke area perumahan atau ke sarangnya, sekitar pukul 17.00 Wib sampai 18.00 Wib. Warga kini berharap agar Pemkab Rohul segera menangkap beruang madu tersebut, kerana warga pada siang dan malam hari tidak berani membuka pintu maupun jendela rumah, takut rumahnya dimasuki beruang.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Rohul Ir H Sri Hardono MM melalui Kasi Penanggulangan Kebakaran dan Perlindunga Satwa, Liar Denny menyatakan, pihaknya sudah menerima laporan warga perumahan belakang kantor TVRI Pasir Pangaraian.

"Kita sudah menghubungi secara lisan pihak BKSDA Provinsi Riau, terkait keberadan beruang madu yang melintasi jalan dan bersarang dekat pemukiman penduduk, Anggota Polhut Rohul juga sudah cek ke lapangan, ditemukan satu sarang beruang madu. Kita berharap agar BKSDA bisa turun merelokasi hewan buas itu, karena warga resah dan ketakutan," harapnya. (lim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index