Asisten II Buka Lomba Pacu Sampan Leper 2016

Asisten II Buka Lomba Pacu Sampan Leper 2016
Asisten II Buka Lomba

TEMBILAHAN (RA) - Pelaksanaan event tahunan yakni Pacu Sampan Leper Tahun 2016 resmi dibuka oleh Bupati Indragiri Hilir melalui Asisten II Setda Kabupaten Inhil, H Rudiansyah dan disaksikan ribuan mata, Ahad (24/7).

Pelaksanaan yang berlanjut di Kuala Getek Tembilahan Kabupaten Inhil dihadiri juga Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil Dani Nursalam, Dandim Kodim 0314 Inhil, Kapolres Inhil, Perwakilan Pengadilan Negeri Tembilahan, Kepala Pengadilan Agama dan seluruh unsur kepanitiaan serta masyarakat.

Asisten II Setda Inhil Drs Rudiansyah, yang di wawancarai awak media usai membuka Pacu Sampan Leper mengatakan, setiap tahun selalu mengadakan iven wisata pacu sampan leper yang di pusatkan di Sungai Getek ini untuk melesatarikan, di samping sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Inhil dan wisatawan yang akan melihat kondisi masyarakat Inhil.

"Pada zaman dahulu dimana orang-orang tua kita menciptakan kendaraan yang air yang bisa bergerak diatas lumpur berupa sampan yang datar di bawahnya yang dinamakan sampan leper," ucapnya.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau melalui Kepala Bidang Promosi pada kesempatan itu menyebutkan momen ini merupakan kekayaan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Inhil yang harus dijaga dan dikembangkan kelestariannya.

"Kekayaan suatu daerah itu patut dijaga dan dikembangkan, selain menjadi sumber ekonomi kreatif dan juga menjadi sebuah destinasi wisata," ucapnya.

Selain itu, Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi perhatian khusus, memiliki tempat yang tidak terkontaminasi oleh pasangan surut dan bisa menarik wisatawan luar.

"Semoga ini bisa lebih mantap, memiliki tempat yang dikhususkan yang tidak terpengaruh oleh pasang dan surut," sebutnya.

Antusiasme masyarakat Inhil sendiri sangat besar untuk menyaksikan acara ini. Terlihat,  ribuan warga terlihat memadati sisi jembatan Kuala Getek menonton acara tersebut. (SUF)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index