Manfaat Pisang untuk Jantung

Manfaat Pisang untuk Jantung
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Pisang merupakan camilan sehat dan mengenyangkan, terlebih saat lapar datang tiba-tiba. Potassium yang terkandung dalam buah pisang sebayak 460 mg dapat mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi pembuluh darah dari plak-plak yang menyumbat. Beberapa studi terbaru yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa potassium yang terkandung dalam buah pisang terbukti dapat melindungi tubuh dari tekanan darah tinggi terlebih pada orang yang sensitive terhadap garam.

Pisang adalah sumber energi potensial bagi tubuh, karena dalam tiap 100 gram terkandung 136 kalori. Jumlah ini dua kali lipat lebih tinggi daripada buah apel dengan berat sama kandungannya sekitar 54 kalori. Sedangkan karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik untuk digunakan karena secara cepat tersedia bagi tubuh, sehingga vitalitas tubuh bisa lebih terjaga. Selain sumber itu, ternyata pisang juga kaya akan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi yaitu dalam tiap 100 gram berat kering buah pisang memiliki kadar besi dan seng sebesar 2 miligram dan 0,8 miligram. Selain itu Provitamin A juga tersedia dalam buah pisang yang mencapai 45 mg.

Kandungan pisang sedemikian rupa biasa dimanfaatkan oleh beberapa kalangan sebagai menu diet, menu sarapan ataupun makan malam. Diet DASH (Dietary Approach to Stop Hipertension) dapat menurunkan tekanan darah. Diet ini tinggi akan potassium, magnesium dan kalsium, sebaliknya rendah lemak dan garam. Potassium ini diperlukan syaraf dan kontrol otot. Atlet memerlukan potassium untuk menggantikan energi yang hilang dari otot selama olahraga dan sejumlah kecil mineral yang menguap melalui keringat. Kekurangan potassium dapat menyebabkan otot dan detak jantung tak teratur. Dengan mengkonsumsi pisang seseorang bisa mengurangi ataupun mencegah gejala ini. (RA/lpc)

Berita Lainnya

View All