Upaya Tingkatkan Hasil Pangan

BBPOPT Riau Gelar Pertemuan dengan Upsus Pajale

BBPOPT Riau Gelar Pertemuan dengan Upsus Pajale
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - Dalam upaya meningkatkan tiga komuditi pangan prioritas Padi, Jagung dan Kedele (Pajale), Balai Besar Pertanian Organisasi Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) Riau gelar pertemuan koordinasi dengan Upsus Pajale Kabupaten Siak. Pertemuan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, Rabu malam (27/4) di Hotel Winaria Siak.

Hadir pada acara ini Kadis Pertanian Propinsi Riau r Hardison MP, Kepala BBPOPT Propinsi Riau Ir Sarsito Wahono Gaib Subroto MM, Asisten II Kabupaten Siak H Syafri Lenti, Kadis Tanaman Pangan dan Hartikultura Kabupaten Siak, Kepala BPPKP Kabupaten Siak dan utusan peserta dari 4 Kabupaten/kota di Riau.

Pertemuan Koordinasi Upsus Pajale ini diikuti peserta utusan dari 4 kabupaten/kota yang berjumlah 80 orang. Diantaranya dari Kota Dumai 12 orang, Bengkalis 12 orang, Rokan Hilir 12 orang, dan Siak selaku tuan rumah 34 orang.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dalam sambutannya menyampaikan, pangan merupakan hal yang sangat periotas, terutama Padi, Jagung dan Kedele (Pajale).

"Maka dari itu, pembangunan untuk pertanian khusus untuk komuditi  pajale harus terus menerus diupayakan untuk ditingkatkan terhadap perluasan lahan tanaman," kata bupati.                          

Disamping itu, juga perlu disingkronkan buah pemikiran bagaimana meningkatkan pengawasan terhadap adanya gangguan pada tanaman serta  peningkatan sarana dan prasarana pertanian. Hal ini harus dilakukan dalam upaya peningkatan hasil panen di Kabupaten Siak.

Dikatakan Syamsuar, saat ini di Kabupaten Siak terus mengembangkan perluasan lahan pertanian, terutama di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Sungai Mandau yang saat ini merupakan salah satu daerah sentral penghasil pangan andalan.

"Dalam rangka untuk meningkatkan produksi para petani, pemerintah daerah maupun pemerintah Pusat cukup besar menggucurkan bantuan untuk para petani. Baik itu bantuan berupa dana maupun berupa sarana dan prasarana pertanian yang dibutuhkan para petani," kata bupati.

Maka dari itu diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk mampu dan berfikir bijak bagaimana menggunakan anggaran tersebut. Selain itu dapat disesuaikan dengan arah dan kebijakan yang sifatnya dapat mengedepankan skala perioritas dalam mendukung petani pangan.

Syamsuar juga mengucapkan terimakasih kepada BBPOPT Provinsi Riau yang telah mempercayakan Siak sebagai tuan rumah tempat pertemuan koordinasi UPSUS Pajale tahun 2016. Diharapkan para peserta utusan dari 4 Kabupaten lainnya agar dapat memanfaatkan pertemuan tersebut dengan sebaik-baiknya.                                               

"Gagasan dan rencana yang dimatangkan dari pertemuan ini agar dapat kita tindaklanjuti secara bersama. Bagaimana daerah kita masing masing mampu menjadi sentral penghasil pangan seperti yang sedangkan kita upayakan," pungkasnya.


Laporan : JAS
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index