BAZNas Siak Salurkan Zakat Rp95.512.500

BAZNas Siak Salurkan Zakat Rp95.512.500
baznas

RIAUAKTUAL.COM - Sektor zakat yang dikumpulkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Siak sangat memberi dampak  positif terhadap perkembangan pembangunan daerah. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Kamis (28/4) saat menyerahkan dana zakat tahap I di kecamatan Sungai Mandau tepatnya di Masjid Mu'amalah kampung Teluk Lancang.

Sebagai Ketua Baznas Kabupaten Siak, Wabup sangat mengapresiasi kesadaran warga Sungai Mandau yang sadar dan mau berzakat. "Saya sangat berterima kasih pada masyarakat Kecamatan Sungai Mandau yang sangat antusias dalam berzakat untuk membersihkan hartanya," ujar Wabup.

Alfedri menyebutkan, Kecamatan Sungai Mandau adalah salah satu daerah terbesar membayar zakat di Kabupaten Siak. "Para muzaki disini sadar untuk berzakat. Zakat penghasilan yang telah dikeluarkan selain merupakan tabungan untuk akhirat, juga untuk mensucikan harta yang kita miliki," tambah dia

Dia juga berharap potensi zakat di Kecamatan Sungai Mandau dapat terus tergalikan dan bisa lebih berkembang pesat untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Sementara itu, Ketua BAZNas Kecamatan Sungai Mandau, Tamrin mengatakan, penyaluran zakat diwilayahnya sebanyak Rp95.512.500, dengan rincian terbagi dari zakat pola usaha produktif dan zakat pola konsumtif.

Zakat pola usaha produktif kelompok Ternak Sapi berjumlah Rp65.000.000 terdiri dari 7 orang. Dan untuk dana pola konsumtif Rp28.000.000 terdiri dari 40 orang. Masing-masing duafa akan mendapat dana sebesar Rp 700.000, serta dana Amil Rp800.000.

"Kita harap semoga dana ini bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi mustahik (penerima zakat,red). Bagi yang mendapat bantuan ternak semoga bisa dirawat dengan baik mengembangkan hewan ternaknya,” ujarnya penuh harap.

Hadir pada kesempatan tersebut Ustad Abd Rasyid Suharto sebagai penceramah, Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan, Penghulu Teluk Lancang dan perangkat kampung, serta pengurus BAZNas Siak dan BAZ Kecamatan Sungai Mandau.


Laporan : JAS
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index