Perangkat Desa Lebih Tau Warganya yang Miskin

Perangkat Desa Lebih Tau Warganya yang Miskin
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - DPRD Rokan Hilir (Rohil) meminta agar pemerintah desa maupun kabupaten agar lebih jeli melakukan pendataan terhadap warga miskin yang ada di Rohil.

Pasalnya, belakangan ini banyak didapati keluarga yang benar-benar miskin tidak mendapatkan Rumah Layak Huni (RLH). Salah contohnya, warga miskin yang tinggal digubuk reot di Kepenghuluan Pedamaran Kecamatan Pekaitan.

"Saya juga merasa terkejut kenapa warga tersebut tidak mendapatkan RLH, padahal setiap tahunnya pemerintah ada program RLH untuk masyarakat miskin, dan itu kan sudah sangat layak. Kalau menurut saya itu merupakan kelalaian dari aparat desa setempat," jelas Darwis Syam Ketua Banggar DPRD Rohil.

Menurut politi Golkar ini, sebenarnya persoalan siapa yang layak mendapatkan RLH tersebut perangkat desa yang lebih tahu. Hal tersebut dikarenakan pendataan dan pengajuan masyarakat yang berhak mendapatkan RLH itu dilakukankan oleh aparatur desa.

"Setiap ada pengajuan RLH, pendataannya dari desa dan desa lebih tahu mana warganya yang harus menjadi prioritas. Kalau Pemerintah hanya penerima laporan," jelasnya.

Darwis berharap kedepannya para aparat desa agar lebih jeli dalam mendata para warganya agar tidak ada lagi kejadian seperti yang dialami warga Pedamaran tersebut. Apalagi tahun ini ada pengurangan RLH.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index