Keberhasilan Kepala Daerah Tergantung Capaian RPJMD

Keberhasilan Kepala Daerah Tergantung Capaian RPJMD
Drs H Zardewan MM

PELALAWAN (RA) - Saat ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan hingga 6 bulan kedepan akan menggodok Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pelalawan tahun 2016 - 2021. Seluruh SKPD untuk melaksanakan kegiatan dalam penggunaan anggaran mengacu kepada RPJMD Kabupaten Pelalawan.

"Mumpung sekarang masih segar,tentu Kita ingatkan SKPD jangan melaksanakan kegiatan seenaknya saja tapi harus berorintasi kepada capaian RPJMD Kabupaten Pelalawan.Perlu diingat,keberhasilan Bupati Pelalawan tergantung kepada pencapaian RPJMD," papar Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM.

Kedepannya, terdapat perubahan paradigma pengalokasian anggaran. Jika sebelumnya, pengalokasian anggaran menggunakan sistem money follow function yakni pengalokasian anggaran untuk mendanai suatu kegiatan didasarkan pada tugas dan fungsi masing-masing satuan kerja. Namun kedepannya akan menggunakan sistem money follow pogram yakni pengalokasian anggran tidak berdasarkan struktur organisasi SKPD tetapi berbasis prioritas dan fokus pada pencapaian visi Kepala Daerah yakni Inovasi Menuju Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera).

"Intinya Jika sebelumnya, anggaran dikeluarkan kemudian SKPD melaksanakan kegiatan tapi kedepan programnya Dulu yang harus dimajukan Sesuai RPJMD Kepala Daerah baru anggran dikeluarkan," ungkap Wabup.

RPJMD Pelalawan akan mengacu kepada RPJMD Propinsi dan Pusat guna mendukung program Nawa Cita Pemerintah Pusat. " Jadi Jika visi Kepala Daerah saat ini Inovasi Menuju Pelalawan Emas yang menjadi arah kebejakan Pemkab Pelalawan tahun 2016 - 2021 dengan meneruskan 7 progra starategis harus menjadi acuan bagi Satker dalam bekerja dan melaksanakan kegiatan," terang Zardewan.

RPJMD ini nantinya akan dipersiapkan menjadi Ranperda menjadi Perda dan akan didudukkan dengan Dewan. " SKPD harus bisa menterjemahkan apa yang menjadi visi Kepala Daerah dan RPJMD Kabupaten Pelalawan.Sehingga seluruhnya satu visi dan misi dalam membangun Pelalawan," pungkas Wabup.


Laporan : JYP

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index